Sportainment | Detail

Kunci Sukses Pesepak Bola Tetap Berpuasa di Bulan Ramadan, Ada 3 Strateginya

Rifqi Herjoko
Selasa, 05 April 2022, 16:59 WIB
Kunci Sukses Pesepak Bola Tetap Berpuasa di Bulan Ramadan, Ada 3 Strateginya
Karim Benzema buka puasa (Foto: IG Benzema)

LIVERPOOL – Bulan Suci Ramadan telah tiba. Pecinta sepak bola dunia tentu bertanya-tanya, bagaimana kesan pesepak bola menjalani agenda tim di bulan yang penuh berkah tersebut.

Pasalnya, kewajiban di bulan tersebut yang menjadi perhatian utama adalah puasa. Seorang muslim diwajibkan menahan makan dan minum mulai dari matahari terbit hingga terbenam.

Hal itu tentu membuat sejumlah klub khawatir dengan para pemainnya yang beragama Islam. Pasalnya, agenda latihan dan tanding klub begitu padat. Ada kekhawatiran para pemain itu tidak bisa menampilkan performa maksimal.

Terlebih lagi, selama bulan April dan Mei dikenal sebagai ujung dari musim kompetisi sepak bola Eropa. Saat ini, bulan tersebut juga bertepatan dengan Ramadan tahun ini. Para pesepak bola top dunia pun menghadapi tantangan tersendiri di momen ini.

Dilansir dari Euronews, Selasa (5/4/2022), strategi yang tepat perlu diterapkan oleh para atlet terkait perubahan gaya hidup selama Ramadan. Strategi itu mencakup tiga hal, yakni diet, pola tidur, dan latihan.

Seorang atlet idealnya makan tiga kali sehari dalam porsi besar untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya. Namun, rutinitas itu diubah selama bulan puasa. Meski begitu, para atlet diharapkan dapat mencukupi sendiri kebutuhan nutrisi dan hidrasinya.

Pola tidur yang tepat juga penting bagi bintang olahraga untuk membantu pemulihan. Terlebih lagi, jadwal liga sepak bola top dunia terbilang ketat. Ahli Epidemiologi bernama Abdulaziz Farooq mengungkapkan bahwa 80% atlet muslim merasakan daya tahan tubuhnya berkurang.

Selain itu, 60% atlet merasa kualitas tidur mereka berkurang. Adapun strategi ketiga adalah dengan menyusun jadwal latihan secara lebih fleksibel. Hal ini harus didiskusikan dengan tim pelatih klub.

Meski begitu, beberapa atlet muslim dunia tetap tampil gemilang meski sedang berpuasa. Misalnya saja Sadio Mane yang berpuasa tetapi mampu mencetak gol melawan Real Madrid di Final Liga Champions 2018. 

Para pemain itu diharapkan dapat teguh menjalankan kewajiban puasa di tengah padatnya jadwal latihan dan pertandingan.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1402 seconds [13]