logo
Liga Italia | Detail

Kronologi Juventus Disanksi Pengurangan 15 Poin oleh FIGC

Maulana Yusuf
Sabtu, 21 Januari 2023, 16:03 WIB
Kronologi Juventus Disanksi Pengurangan 15 Poin oleh FIGC
Juventus terkena sanksi pengurangan 15 poin dari FIGC (Foto: Juventus)

TURIN – Juventus telah dijatuhi sanksi pengurangan 15 poin usai terjerat kasus manipulasi keuangan atau penggelembungan dana transfer pemainnya. Adapun, kronologi Bianconeri mendapat hadiah pahit dari Pengadilan Banding FIGC itu akan dibahas dalam artikel ini.

Seperti diketahui, si Nyonya Tua dinyatakan bersalah atas kasus ‘plusvalenza’ atau manipulasi keuangan. Pasalnya, manajemen diduga merekayasa nilai transfer pemain dan pembukuan finansial untuk mengelabui aturan FFP (Financial Fair Play) pada 2019, 2020, dan 2021.

FIGC pun menjatuhkan hukuman kepada Juventus dengan pengurangan 15 poin. Klub berkostum putih-hitam itu terlempar dari zona Liga Champions di klasemen.

Sebelumnya, Juventus berada di urutan ketiga klasemen Liga Italia 2022-2023 dengan koleksi 37 poin hingga jelang giornata 19. Kini, Dusan Vlahovic dan kawan-kawan terjun bebas ke peringkat 10 dengan nilai 22. 

Dengan begitu, Massimilliano Allegri harus memutar otak bagaimana agar timnya itu bisa kembali bersaing di papan atas. Juventus harus bisa menebus defisit 15 poin tersebut demi bisa bertarung di jajaran teratas.

Menurut laporan dari Football Italia, kronologi sanksi yang didapatkan Juventus berawal dari pemalsuan laporan finansial yang diumumkan oleh klub pada 2019, 2020, dan 2021. Sejak itu, mereka diduga menggelembungkan nilai jual pemain dalam beberapa transfer demi meningkatkan modal.

Kasus tersebut sebetulnya pernah disidangkan dan Juventus divonis tidak bersalah. Baru-baru ini, jaksa penuntut FIGC, Giuseppe Chine, telah meminta Pengadilan Banding Federal untuk membuka ulang kasus ini.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1897 seconds [13]