logo
Ragam Lainnya | Detail

Kombinasi Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif

Intan Rachmasari
Rabu, 10 Agustus 2022, 02:05 WIB
Kombinasi Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif
Lari termasuk contoh gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif merupakan gerakan yang umum dilakukan oleh manusia. Gerakan tersebut selalu ditemukan dalam kegiatan sehari-hari manusia.

Tubuh manusia pasti kerap melakukan gerakan-gerakan sederhana dalam kegiatan sehari-hari seperti membersihkan rumah, memasak, atau bahkan berolahraga. Gerakan-gerakan sederhana ini termasuk dalam jenis gerak lokomotor, non lokomotor, dan gerak manipulatif

Dilansir dari berbagai sumber, Sportstars.id akan membahas informasi mengenai pengertian dari kombinasi gerak lokomotor, non lokomotor, dan gerak manipulatif. Berikut rangkuman informasinya;

Manchester City

Kombinasi Gerak Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif

Pada dasarnya ketiga gerak tersebut memiliki arti yang berbeda. Gerakan Lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh bagian tubuh yang dalam pelaksanaannya disertai adanya perpindahan tempat. 

Sedangkan gerakan nonlokomotor adalah kebalikan dari gerakan lokomotor yaitu, gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan. Terakhir adalah gerakan manipulatif yaitu gerakan yang dilakukan oleh tubuh tapi melibatkan penguasaan suatu alat atau benda. 

Contoh dari gerakan lokomotor yang dapat dilakukan tubuh yaitu aktivitas yang melibatkan lompatan, lari, serta memanjat. Sedangkan contoh gerakan nonlokomotor sangat sederhana seperti menggeleng, membungkuk, atau mendongakkan kepala. Terakhir, contoh gerakan manipulatif seperti menangkap, melempar serta memukul. 

Ketiga gerakan ini bisa menjadi satu kesatuan kombinasi gerak. Berbagai kegiatan besar yang dilakukan manusia seperti olahraga pasti terdapat kombinasi dari ketiga gerakan ini. 

Olahraga seperti bulu tangkis, sepak bola dan olahraga lainnya pasti menggunakan kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif.

Demikian informasi mengenai kombinasi gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1557 seconds [12]