Ragam Lainnya | Detail

Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif Dalam Permainan Bola Basket

Tim Sportstars
Senin, 06 Desember 2021, 17:56 WIB
Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif Dalam Permainan Bola Basket
Kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket. (Foto: breakthrubball)

TERDAPAT beberapa variasi dan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket. Berbagai teknik yang menyusun gerakan dalam permainan bola besar seperti bola basket, dua diantaranya merupakan gerak lokomotor dan gerak manipulatif.

Gerak lokomotor merupakan gerak dari seluruh tubuh untuk melalui ruang atau jarak tertentu. Gerakan ini terjadi saat tubuh melakukan suatu gerakan sehingga menghasilkan perpindahan tempat.

Termasuk di dalam gerak lokomotor dalam permainan bola basket  yaitu berjalan, berlari, dan melompat. Kemudian gerak manipulatif merupakan gerakan yang melibatkan penguasaan pada sebuah objek. Dalam prakteknya gerakan ini akan melibatkan suatu alat.

Contoh gerak manipulatif dalam permainan bola basket yaitu menangkap, melempar, memukul, menggiring, dan memantulkan bola.

Dalam permainan bola basket, beberapa gerakan digolongkan kedalaman gerak lokomotor dan manipulatif. Tetapi beberapa gerakan lain merupakan kombinasi dari dua gerak tersebut menghasilkan perpindahan tempat dan penguasaan objek.

Contoh kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket yaitu saat menggiring bola basket untuk melewati lawan.

Dalam pertandingan, pemain akan bermanuver ketika memantulkan bola sambil berlari. Hal itu untuk melindungi yaitu bola basket dan menjauhkannya dari jangkauan lawan. 

Ketika telah berada pada posisi bebas, pemain dapat memilih antara mengoper bola pada kawan satu tim, atau menembakkannya pada ring  lawan.Aktivitas lain yang merupakan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif adalah saat menembakkan bola basket.

Pada saat itu pemain akan melakukan perpindahan posisi sambil membawa bola basket. Dia akan menunggu timing yang pas untuk melempar bola basket kedalam ring. Dua gerakan tersebut merupakan contoh sederhana dari kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket. (rania adyanti)
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1221 seconds [12]