Balap Lainnya | Detail

Kisah Soeharto: Mantan Atlet Balap Sepeda Nasional yang Kini Jadi Tukang Becak

Hasyim Ashari
Senin, 23 Agustus 2021, 06:48 WIB
Kisah Soeharto: Mantan Atlet Balap Sepeda Nasional yang Kini Jadi Tukang Becak
Kisah mantan atlet balap sepeda nasional yang kini jadi tukang becak (Reuters)

SURABAYA – Dipuji ketika masih berjaya, ditelantarkan saat sudah tak berdaya, itulah gambaran peristiwa yang menimpa mantan atlet balap sepeda nasional asal Surabaya bernama Soeharto. Dia kini berprofesi sebagai tukang becak.

Siapa sangka, Soeharto yang dulu merupakan salah satu atlet balap sepeda nasional kini nasibnya tidak semulus laju sepeda yang dikayuhnya ketika berjaya. Ya, Soeharto kini menjadi tukang becak untuk menyambung hidupnya di Surabaya.

Soeharto pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional melalui dua medali emas di ajang SEA Games 1979 Malaysia untuk nomor Team Time Trial jarak 100 kilometer. Bersama ketiga rekannya saat itu, tim balap sepeda Indonesia sukses menumbangkan Malaysia dan Thailand.

Sementara itu, dua tahun sebelumnya pada SEA Games 1977 yang berlangsung di Thailand, Soeharto kembali melambungkan tinggi nama Indonesia dengan menyabet dua medali perak untuk Kontingen Merah Putih dari nomor jalan raya kategori beregu dan perorangan.

Kenangan menjadi juara SEA Games tak pernah dilupakan oleh Soeharto. Di kediamannya yang sederhana itu, Soeharto masih menyimpan rapi medali dan piagam penghargaan yang pernah dia peroleh dari berbagai ajang balap sepeda, baik nasional maupun internasional.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1511 seconds [12]