Netting | Detail

Kisah Misha Zilberman, Atlet Israel yang Pernah Mentas di Indonesia

Saliki Dwi Saputra
Kamis, 23 Juni 2022, 17:00 WIB
Kisah Misha Zilberman, Atlet Israel yang Pernah Mentas di Indonesia
Pebulu tangkis asal Israel, Misha Zilberman tampil di Istora Senayan pada tahun 2015 (Foto: Facebook)

TIMNAS Israel U-19 memiliki peluang untuk tampil pada Piala Asia U-20 2023 di Indonesia. Mereka bisa saja lolos kualifikasi jika menang atau minimal seri melawan Inggris pada pertandingan terakhir Grup B Piala Eropa U-19 2022 di Slovakia pada Sabtu (25/6/2022).

Menariknya jika Israel lolos, kejadian bisa saja mengulang kisah dari Misha Zilberman. Pebulu tangkis asal Israel sempat tampil di Kejuaran Dunia Bulu Tangkis 2015 di Istora Senayan, Jakarta.

Indonesia sendiri tidak memilki hubungan diplomatik dengan Israel. Praktis hal ini membuat Zilberman tak serta merta dapat melenggang masuk ke Indonesia.

Pebulu tangkis tunggal putra Israel, Misha Zilberman (Foto: Istimewa)
Pebulu tangkis tunggal putra Israel, Misha Zilberman (Foto: Istimewa)

Saat itu pebulu tangkis tunggal putra itu harus tertahan di Singapura karena mendapat penolakan dari masyarakat di Tanah Air. Bahkan kejadian itu sempat menjadi sorotan internasional.

Panitia penyelenggara akhirnya diminta oleh pihak BWF untuk mengurus visa Zilberman agak bisa masuk ke Indonesia. Zilberman pun diberi kesempatan masuk ke Indonesia meski selang 11 jam sebelum tampil di Istora Senayan.

Adapun penilaian tersebut diambil berdasarkan Indonesia hanya sebagai 'tempat acara' sedangan penyelenggara tetap menjadi wewenang BWF. Zilberman pun tampil melawan wakil Taiwan, Hsu Jen Hao.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1360 seconds [12]