logo
Liga Inggris | Detail

Kisah Mikel Arteta, Tetap Bersinar Meski Gagal Raih Liga Inggris!

Intan Rachmasari
Senin, 22 Mei 2023, 14:26 WIB
Kisah Mikel Arteta, Tetap Bersinar Meski Gagal Raih Liga Inggris!
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, sangat fenomenal di Liga Inggris ini dan menjadi salah satu yang terbaik (Foto: Reuters/David Klein)

JAKARTA - Kisah Mikel Arteta menjadi informasi menarik untuk diulas, seiring dengan kegagalan Arsenal menjadi Juara Liga Inggris musim 2023/2023 dan hanya menempati posisi kedua.

Meski sempat berjaya di puncak klasemen Liga Inggris 2022/2023 untuk beberapa pekan, Arsenal harus menerima kenyataan menyaksikan gelar Juara Liga Inggris 2022/2023 menjadi milik Manchester City. 

Arsenal mengandaskan mimpinya untuk menjadi juara Liga Inggris musim ini setelah kalah dalam pertandingan melawan Nottingham Forest dengan skor 0-1 yang dihelat di Stadion City Ground, Sabtu (20/5/2023) malam WIB. 

Meski Arsenal gagal menjadi juara Liga Inggris musim ini, ada sosok Mikel Arteta yang berhasil membawa angin segar untuk Arsenal sejak kedatangannya di tahun 2019.

Berikut Sportstars.id akan mengulas kisah Mikel Arteta:

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta (Foto: REUTERS)

Kisah Mikel Arteta

Mikel Arteta adalah mantan pemain Arsenal yang kini berprofesi sebagai pelatih Arsenal sejak musim 2019/2020. Di bawah asuhannya Arsenal menemukan cahaya untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi kedepannya. 

Sebelum terjun di dunia kepelatihan, Mikel Arteta adalah mengawali karir sebagai seorang pesepak bola. Di level junior Mikel Arteta pertama kali bergabung dengan Akademi Barcelona pada tahun 1997.

Selama karirnya sebagai pesepak bola, Mikel Arteta sudah menjajakan langkahnya di banyak klub sepak bola mulai dari Liga Spanyol, Ligue 1 hingga panggung Liga Inggris. Dan memutuskan gantung sepatu di tahun 2016. 

Selepas gantung sepatu, Mikel Arteta memulai karir sebagai seorang pelatih di musim 2016/2017 sebagai asisten pelatih Manchester City. Dirinya juga berhasil mengantarkan Manchester City dalam meraih 2 trofi English Super Cup, 2 trofi Liga Inggris dan 1 trofi FA Cup. 

Kedatangannya di Arsenal pada musim 2019/2020 menuai cukup banyak pro dan kontra dari beberapa pihak. Hal ini lantaran jam terbang Arteta sebagai pelatih yang masih minim, terlebih dirinya kala itu belum pernah menjadi pelatih kepala. 

Namun sebagai mantan pemain Arsenal, melatih Arsenal seperti sebuah kepulangan baginya. Terbukti, dirinya pelan - pelan bisa membawa Arsenal melangkah maju dan mengemas dua gelar juara bersama Arteta.

Selama menukangi Arsenal, Arteta sudah mempersembahkan trofi Piala FA pada musim 2019/2020 dan FA Community Shield pada musim 2020/2021. Bahkan hampir meraih trofi Premier League di musim 2022/2023 meski harus gagal di langkah akhir. 

Pelatih kelahiran Spanyol, 26 Maret 1982 ini bahkan dikenal sebagai juru taktik yang memiliki gaya kepelatihan yang cukup aneh. Namun hal ini bisa menciptakan kekuatan tim dan kedekatan pemain secara personal. 

Dalam suatu momen, Arteta membawa skuadnya dalam sesi latihan jelang pertandingan tandang melawan Liverpool. Kala itu latihan Arsenal diiringi lagu kebangsaan Liverpool yang berjudul You’ll Never Walk Alone. 

Meski terdengar gila, nyatanya hal ini bertujuan untuk melatih mental para pemain Arsenal untuk terbiasa dengan atmosfer Anfield Stadium yang cukup mencekam. Hal ini menjadi salah satu hal aneh yang dilakukan Arteta kala menukangi Arsenal.

Jiwa kepemimpinan Mikel Arteta di Arsenal ternyata cukup melekat di hati banyak pemainnya. Bahkan Granit Xhaka sempat menolak tawaran AS Roma demi bisa bertahan lama di Arsenal dibawah asuhan Mikel Arteta. 

Demikian informasi mengenai kisah Mikel Arteta, semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id. 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Sportstars.id tidak terlibat dalam materi konten ini.
RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2332 seconds [12]