logo
Netting | Detail

Kisah Inspiratif Rina Marlina: Dari ART, Tukang Ojek, hingga Medali Emas ASEAN Para Games 2022

Basudiwa Supraja
Kamis, 04 Agustus 2022, 17:25 WIB
Kisah Inspiratif Rina Marlina: Dari ART, Tukang Ojek, hingga Medali Emas ASEAN Para Games 2022
Atlet para bulu tangkis Indonesia, Rina Marlina (Foto: Sportstars.id/Basudiwa Supraja)

SOLO - Rina Marlina adalah atlet para bulu tangkis Indonesia yang berhasil menyumbang emas di ASEAN Para Games 2022. Namanya mungkin masih asing terdengar di dunia para bulu tangkis Indonesia. 

Dara kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat, 3 November 1993 itu merupakan debutan atlet para bulu tangkis Indonesia yang tampil di ASEAN Para Games 2022. Menariknya, Rina justru sukses mengalahkan wakil Thailand, Saeyang Chai, di kelas SH6 dengan skor 21-7 dan 21-6.

Sekadar informasi, Rina terlahir dengan tubuh yang kecil dibandingkan dengan ukuran normal (dwarfisme). Dia merupakan anak tunggal yang sudah ditinggal oleh ayahnya sejak duduk di kelas 3 sekolah dasar (SD).

Rina mengaku dirinya belajar bulu tangkis secara otodidak. Dia juga mengatakan pernah iseng membuat raket sendiri dari tutup cat setelah sebelumnya ditegur oleh sang ibu karena menggunakan piring kaleng.

Dia bercerita pernah menjadi pembantu rumah tangga demi menyambung hidup keluarga. Rina juga sempat menjadi ojek antar jemput sekolah anak di daerahnya.

Awal kariernya di bulu tangkis bermula saat dirinya sempat berperan sebagai wasit di salah satu GOR kampungnya. Jasanya tersebut dibayar dua ribu rupiah per set.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1519 seconds [12]