Bola Lainnya | Detail

Kisah Inspiratif: Helen Nkwocha Wanita Pertama yang Jadi Pelatih Tim Sepak Bola Pria

Basudiwa Supraja
Senin, 11 Oktober 2021, 14:10 WIB
Kisah Inspiratif: Helen Nkwocha Wanita Pertama yang Jadi Pelatih Tim Sepak Bola Pria
Helen Lorraine Nkwocha, pelatih wanita pertama yang menangani klub pria di pentas Eropa (Foto: Twitter)

TORSHAVN - Sebuah kisah inspiratif dari pentas lapangan hijau datang dari seorang wanita bernama Helen Lorraine Nkwocha. Dia menjadi wanita pertama yang menjadi pelatih klub sepak bola pria di Eropa. 

Nkwocha lahir di London dan ditunjuk sebagai pelatih intermin Tvoroyrar Boltfelag (TB) sejak September 2021. TB adalah klub tertua di Kepulauan Faroe.

Sebelumnya menjadi pelatih intermin, kiprah wanita satu ini hanya menjabat sebagai pelatih pemain muda di TB. Namanya kemudian dipilih sebagai pelatih tim senior setelah TB tampil buruk di akhir musim lalu. Dia lantas langsung menerima tawaran tersebut.

Helen Lorraine Nkwocha pelatih intermin Tvoroyrar Boltfelag (TB) (Foto: Twitter)
Helen Lorraine Nkwocha pelatih intermin Tvoroyrar Boltfelag (TB) (Foto: Twitter)

“Saya tidak berpikir dua kali (saat menerima tawaran TB). Reaksi orang-orang tidak sama dengan saya karena mereka bereaksi terhadap gender saya. Namun, saya terbiasa menjadi perempuan. Jadi tidak ada bedanya bagi saya,” kata Nkwocha kepada BBC, Minggu (10/10/2021).

Lebih lanjut, sebelum berkecimpung di pentas olahraga Nkwocha pernah bekerja sebagai polisi. Dia mengakui bahwa tidak mudah mendapat peluang karier sebagai pelatih utama.

Sebagai seorang wanita dia juga harus beradaptasi melihat pekerjaan yang dilakoninya saat ini. Pasalnya pekerjaan ini sangat berbanding jauh dari ekspetasi yang sering dibayangkan oleh banyak orang.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.4718 seconds [13]