logo
Ragam Lainnya | Detail

Kisah Inspiratif Atlet Basket Kursi Roda Indonesia Ivo Shadan, Berjuang dari Titik Terendah untuk Bisa Bangkit

Basudiwa Supraja
Senin, 01 Agustus 2022, 10:01 WIB
Kisah Inspiratif Atlet Basket Kursi Roda Indonesia Ivo Shadan, Berjuang dari Titik Terendah untuk Bisa Bangkit
Atlet Basket Kursi Roda Indonesia Ivo Shadan (sportstars.id/Basudiwa S)

SOLO - Nama Ivo Shadan mungkin tidak asing di telinga sebagian masyarakat Indonesia. Ivo merupakan atlet berbakat yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Tapi sayang ia harus memperjuangkan semuanya lantaran kecalakaan yang fatal.

Ivo sejatinya terlahir normal pada 1998 lalu. Namun dirinya dinyatakan lumpuh pada September 2013 karena diketahui divonis menderita Pareplegia.

Ivo tidak bisa berjalan setelah mengalami cedera saraf tulang belakang. Pria yang saat ini berusia 24 tahun itu mengaku mendapatkan hal tersebut akibat dari tawuran antar pelajar saat dirinya masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Peristiwa kelam itu sempat menghantui dirinya. Ivo mengaku itu merupakan titik terendahnya selama hidup. Mengingat kondisinya tak lagi sama dengan yang kini harus mengenakan kursi roda.

Namun Ivo tidak ingin berlarut dalam kesedihan. Menurutnya hidup harus tetap berjalan bagaimanapun keadaannya. Motivasinya itu timbul dalam dirinya sendiri.

"Saya awalnya non disabilitas, tapi cedera saraf tulang belakang karena tawuran antar pelajar," jelas Ivo kepada Sportstars.id, Sabtu (30/7/2022).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1637 seconds [12]