logo
Liga Italia | Detail

Kisah Gianluigi Buffon, Kiper Terbaik Dunia yang Pernah Jadi Striker

Wikku D. Nugroho
Kamis, 01 September 2022, 16:49 WIB
Kisah Gianluigi Buffon, Kiper Terbaik Dunia yang Pernah Jadi Striker
Gianluigi Buffon ternyata dulu pernah bermain menjadi penyerang. (Sumber: Football Italia).

JAKARTA-Kisah Gianluigi Buffon, kiper terbaik dunia yang pernah jadi striker cukup unik untuk diulas. Karena para pecinta sepak bola Serie A pasti mengenal aksis cekatan sosok kiper legendaris Italia dan Juventus ini. 

Pemain kelahiran Carrara, Italia, itu pernah sukses besar bersama Juventus. Saat membela klub berjuluk La Vecchia Signora itu, Gianluigi Buffon berhasil mempersembahkan gelar sepuluh Scudetto Serie A dan enam kali juara Coppa Italia. 

Namun di balik nama besarnya sebagai kiper, ternyata Gianluigi Buffon dulunya pernah bermain sebagai striker. Lalu bagaimanakah cerita tentang dirinya bermain di posisi kiper? 

Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap kisah Gianluigi Buffon, kiper terbaik dunia yang pernah jadi striker;

Gianluigi Buffon

Kisah Gianluigi Buffon, Kiper Terbaik Dunia yang Pernah Jadi Striker 

Hal yang mengilhami mengapa Gianluigi Buffon memilih menjadi seorang kiper usai dirinya menyaksikan Piala Dunia 1990. Kala itu ia menonton pertandingan pertandingan Timnas Kamerun. 

Kiper Timnas Kamerun, Thomas N'Kono menjadi sosok panutan bagi Gianluigi Buffon kecil saat itu. Penampilan apik dari kiper Timnas itulah yang semakin membulatkan tekadnya untuk menjadi seorang kiper. 

Setelah itu, Gianluigi Buffon menimba ilmu di Akademi Parma. Dari pengkuannya ia pernah bermain di beberapa posisi seperti gelandang hingga penyerang. 

Tak ada hujan dan tak ada angin, pelatih tim akademi Parma kala itu memasangkan Gianluigi Buffon di posisi kiper. Dalam latihan tersebut dirinya dinilai bagus untuk menempati posisi di bawah mistar gawang. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1853 seconds [12]