Sportainment | Detail

Kisah Federico Gatti, Berawal dari Kuli Bangunan hingga Debut Bareng Timnas Italia

Wikanto Arungbudoyo
Senin, 13 Juni 2022, 03:33 WIB
Kisah Federico Gatti, Berawal dari Kuli Bangunan hingga Debut Bareng Timnas Italia
Federico Gatti (3) menjalani debut bareng Timnas Italia saat berhadapan dengan Timnas Inggris (Foto: Instagram/@azzurri)

WOLVERHAMPTON – Kisah hidup Federico Gatti sedikit banyak bikin pencinta sepak bola terenyuh. Betapa tidak, dia menempuh jalan hidup yang berliku hingga akhirnya merasakan debut bersama Timnas Italia pada laga UEFA Nations League 2022-2023 kontra Timnas Inggris.

Membela tim nasional adalah impian setiap pesepak bola termasuk Gatti. Namun, dia harus menempuh jalan hidup yang berliku, tidak seperti kebanyakan rekan setimnya di Timnas Italia. Gatti bahkan pernah menjadi seorang kuli!

Dilansir dari Football Italia, Senin (13/6/2022), Federico Gatti lahir di Rivoli pada 24 Juni 1998. Karier sepak bolanya dimulai dari klub amatir bernama Eccellenza di divisi lima Liga Italia. Karena masih di tataran amatir, dia harus memikirkan cara lain untuk menyambung hidup. 

Federico Gatti rela membantu ayahnya sebagai seorang kuli bangunan. Sang ayah diketahui sempat tidak bekerja alias menjadi pengangguran. Pekerjaan sebagai kuli bangunan rela dia tekuni demi membantu perekonomian keluarga. 

Namun, mimpinya untuk menjadi pesepak bola tidak pernah mati. Setiap tangga di kasta sepak bola Italia dia tempuh. Pada akhirnya, penampilan Gatti bersama Frosinone pada Serie B 2021-2022 menarik minat Juventus.

Ya, Federico Gatti dibeli Juventus pada bursa transfer musim dingin 2022 seharga 9 juta euro (setara Rp138 miliar). Namun, dia dipinjamkan kembali ke Frosinone untuk menjalani paruh kedua musim. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1416 seconds [12]