logo
Netting | Detail

Kisah Awal Mula Tontowi Ahmad Jadi Pasangan Main Liliyana Natsir

Intan Rachmasari
Jum'at, 05 Agustus 2022, 23:00 WIB
Kisah Awal Mula Tontowi Ahmad Jadi Pasangan Main Liliyana Natsir
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (FOTO: BWF Badminton).

JAKARTA - Kisah awal mula Tontowi Ahmad jadi pasangan main Liliyana Natsir memang selalu menarik untuk dibahas. Kolaborasi keduanya untuk bertanding di nomor ganda campuran selalu menghasilkan gelar juara.

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir bahkan menjadi ganda campuran asal Indonesia pertama yang sukses menyabet medali emas di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. 

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.Id akan membaha kisah awal mula Tontowi Ahmad jadi pasangan main Liliyana Natsir. Berikut informasinya;

Tontowi/Liliyana hadapi Ribka/Fadia di laga eksebisi Piala Presiden 2022 (Maulana Yusuf/MPI)

Kisah Awal Mula Tontowi Ahmad Jadi Pasangan Main Liliyana Natsir

Liliyana Natsir adalah seorang pemain bulu tangkis wanita yang bermain di sektor ganda campuran. Liliyana Natsir yang akrab disapa butet ini sebelumnya bermain di sektor ganda campuran dengan Nova Widianto sebagai pasangannya di arena. 

Duet dirinya dengan sang senior banyak menorehkan prestasi. Puncaknya adalah saat pasangan ganda campuran ini membawa pulang medali perak dalam Olimpiade Beijing tahun 2008 dan dua gelar juara dunia. 

Pada tahun 2010, Nova Widianto memutuskan untuk mengundurkan diri dari Pelatnas. Pada tahun tersebut jadi waktu bagi Liliyana Natsir menemukan teman duetnya yang baru. Pelatih tim ganda campuran saat itu, Richard Mainaky memiliki tiga alternatif untuk menggantikan pasangan main Liliyana Natsir .

Nama-nama seperti Tontowi Ahmad, Muhammad Rijal, dan Devin Lahardi masuk dalam daftar calon pasangan Liliyana Natsir. Lalu semua nama tersebut dicoba berlatih bersama Liliyana Natsir demi menemukan kecocokan. Hingga pada akhirnya Tontowi yang terpilih menjadi pasangan  ganda campuran bersama Liliyana Natsir.

Kolaborasi antara Tontowi dan Liliyana ini tak jarang memberikan kebanggaan untuk Indonesia. Sejumlah prestasi berhasil ditorehkan oleh pasangan ganda campuran andalan Indonesia ini. 

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil menjadi juara dunia 2013 dan 2017, medali emas di ajang SEA Games 2011 serta hattrick juara All England pada tahun 2013, 2014 dan 2015. Serta puncaknya adalah saat pasangan ini meraih medali emas pada Olimpiade  Rio 2016.

Demikian informasi mengenai kisah awal mula Tontowi Ahmad jadi pasangan main Liliyana Natsir. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.Id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1570 seconds [13]