logo
Tim Nasional | Detail

Kisah Ajaib Thailand Menjuarai Empat Gelar Piala AFF dalam Lima Edisi Terakhir

Ilham Sigit Pratama
Rabu, 18 Januari 2023, 19:15 WIB
Kisah Ajaib Thailand Menjuarai Empat Gelar Piala AFF dalam Lima Edisi Terakhir
THAILAND - Kapten Timnas Thailand Theeraton Bunmathan, Manajer Timnas Thailand Nualphan Lamsam mengangkat trofi bersama rekan satu tim saat merayakan kemenangan Final Leg Kedua Mitsubishi Electric Cup antara Thailand vs Vietnam di Stadion Thammasat,

TIMNAS Thailand kian menahbiskan dirinya sebagai Raja Sepak bola Asia Tenggara.  Bagaimana tidak, dalam lima edisi terakhir, Thailand mampu meraup gelar juara Piala AFF sebanyak empat kali!

Sejatinya, fokus Thailand saat ini sudah bukan Asia Tenggara, melainkan Asia. Thailand dengan program-programnya berupaya menyetarakan dirinya ke level Asia.

Namun bagaimana bisa bersaing level Asia jika di Asia Tenggara saja mereka tidak mampu menjadi raja? Begitulah kiranya pemikiran para petinggi Federasi Sepak bola Thailand (FAT).

Hal itu sempat diperkuat oleh pelatih mereka Alexandre Polking. Usai menjuarai Piala AFF 2022, pelatih yang akrab disapa Mano Polking itu menyatakan bahwa Thailand asuhannya siap bersaing dengan Jepang dan Korea Selatan.

"Dalam jangka pendek, turnamen penting berikutnya adalah Piala Asia 2023. Kami ingin tampil lebih baik di Asia, bukan hanya Asia Tenggara. Kami ingin bersaing dengan Jepang dan Korea,” kata Mano dilansir Zing News, Rabu (18/1/2023).

Thailand menjadi tim yang paling ditakuti di Asia Tenggara. Kisah sepak bola Thailand bisa dibilang seperti dongeng yang penuh dengan keajaiban. Pasalnya, FAT mampu menyulap Timnas Thailand dalam waktu singkat. 

THAILAND - Manajer Timnas Thailand Nualphan Lamsam dilempar ke udara oleh para pemain untuk merayakan kemenangan Piala AFF Mitsubishi Electric 2022 usai laga antara Thailand vs Vietnam di Stadion Thammasat, Pathum Thani, Thailand, Senin (16/1/2023) waktu

Sekadar diketahui, sepak bola mereka sempat terpuruk dan mandek prestasi pada periode 2004 hingga 2012. FAT sampai harus merekrut pelatih kondang Bryan Robson pada 2009 silam, dengan harapan puasa prestasi tersebut bisa segera berakhir. 

Namun gelar juara tidak juga datang, pelatih asal Inggris itu mengundurkan diri pada 2011. Thailand nyaris meraih gelar juara pada Piala AFF 2012. Namun sayang tim berjuluk Gajah Perang itu kalah tipis dari Singapura di partai final.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1857 seconds [12]