logo
Liga Indonesia | Detail

Kiprah Pemain Indonesia Generasi 2010-2015 yang Bermain di Luar Negeri

Tim Litbang
Rabu, 03 Agustus 2022, 05:05 WIB
Kiprah Pemain Indonesia Generasi 2010-2015 yang Bermain di Luar Negeri
Irfan Bachdim di Consadole Saporro Jepang (Foto: Instagram Irfan Bachdim)

KIPRAH Pemain Abroad Indonesia generasi 2010-2015 yang sempat bermain di luar negeri menarik untuk diulas. Apalagi sepak bola Indonesia kian bergeliat sering kedatangan pelatih berkelas seperti Shin Tae-yong. Elkan Baggot, pemain keturunan Indonesia, mengomentari hal ini. 

Ia mengatakan bahwa gairah sepak bola di Indonesia sama besarnya dengan di Inggris. Selain itu, dalam beberapa kompetisi regional, tim sepak bola Indonesia juga memperlihatkan peningkatan. Salah satu keberhasilan yang diraih Timnas Indonesia adalah berhasil lolos ke putaran final Piala Asia 2023 setelah menanti selama 15 tahun.

Bicara tentang pemain, Indonesia memiliki banyak pemain yang berkualitas. Tak sedikit pula di antara mereka yang pernah berkarier di luar negeri. Berikut jejak pemain Indonesia era 2010 yang merumput di mancanegara.

Syamsir Alam

Syamsir Alam merupakan pesepak bola Tanah Air yang kini aktif menjadi bagian dari RANS Nusantara FC. Memiliki beberapa catatan pertandingan,Syamsir rupanya pernah berkarier di luar negeri, khususnya di Eropa dan Amerika Latin. 

Pada tahun 2009 hingga 2010, Syamsir Alam pernah bermain di Penarol sebagai pemain junior. Lalu ia juga pernah menjadi bagian dari klub Heerenveen (Belanda), Vitesse Arnhem (Belanda), CS Vice (Belgia), hingga DC United (AS). Di DC United, Syamsir Alam saat itu diboyong dengan status pinjaman dari CS Vice.

Setelah puas merumput di luar negeri, Syamsir Alam kembali ke Tanah Air dan bergabung dengan Sriwijaya FC pada tahun 2014.

Raphael Maitimo
Pemain naturalisasi asal Belanda Raphael Maitimo, mulai masuk dalam jajaran skuatdTimnas Indonesia di ajang Piala AFF 2012. Saat itu, pesepak bola berdarah Sumatera Barat tersebut mampu bermain secara prima bahkan berhasil mencetak gol.

Sebelum memperkuat Timnas Indonesia dan sejumlah klub Tanah Air, Maitimo mempunyai pengalaman bermain dengan klub-klub Belanda. Pada 2002-2003, ia pernah menjadi bagian dari klub Feyenoord (Belanda) sebagai pemain junior. Selanjutnya, ia menjadi bagian di FC Dordrecht.  

Lalu ia pindah ke SC Feyenoord AV pada 2009-2010.Maitimo juga sempat menjajal kemampuan di China dengan bergabung dalam Beijing Institute of Technology. Kemudian, ia memperkuat Bali Devata pada 2011. Klub terakhir Maitimo adalah Barito Putera, yang dibelanya sejak akhir Desember 2021.

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly adalah salah satu pemain profesional Indonesia yang memang sudah mencintai sepak bola dari kecil. Sejak usia 7 tahun, ia sudah bergabung dalam klub amatir Belanda, RKSV DGC. Selain di DCG, karier Lilipaly juga ditempuh di klub Az Alkmaar dan FC Utrecht. Pria kelahiran 10 Januari 1990 ini kemudian bergabung dengan Almere City di tahun 2012.

Pada tahun 2011, Lilipaly dinaturalisasi dan mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Ia memulai debutnya bersama Timnas Indonesia pada 2013. Setelah memperkuat Timnas, Lilipaly memilih untuk bergabung dengan Hokkaido Consadole Sapporo, klub kasta kedua di Jepang. 

Pada akhir 2014, ia kembali ke Tanah Air dan membela Persija, sebelum kemudian bermain lagi di luar bersama Telstaar dan SC Cambuur di Belanda. Sejak Agustus 2017, Liliplay merumput kembali di Indonesia hingga saat ini.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1545 seconds [12]