logo
Liga Indonesia | Detail

Kilas Balik Prestasi Gemilang Persipura, Klub Indonesia Pertama Lolos Semifinal AFC Cup

Rifqi Herjoko
Rabu, 10 Agustus 2022, 18:00 WIB
Kilas Balik Prestasi Gemilang Persipura, Klub Indonesia Pertama Lolos Semifinal AFC Cup
Boaz Solossa merayakan gol Persipura Jayapura ke gawang Kuwait SC di AFC Cup 2014 bersama Titus Bonai (FOTO: Youtube The AFC Hub).

JAKARTA – Klub legendaris Indonesia, Persipura Jayapura, pernah membuat bangga pecinta sepak bola Tanah Air di ajang AFC Cup 2014. Persipura mencetak prestasi sebagai klub Indonesia pertama yang berhasil menembus semifinal AFC Cup.

Prestasi membanggakan itu terus diingat pecinta sepak bola Tanah Air hingga kini. Harapan pun muncul agar wakil Indonesia satu-satunya di AFC Cup 2021 yakni PSM Makassar, bisa menyamai prestasi tersebut nantinya.

Sebagai informasi, Indonesia mengirim dua wakil di AFC Cup 2014. Mereka adalah Persipura Jayapura dan Arema. Adapun Persipura berhak mewakili Indonesia karena menjuarai ISL 2013.

Menariknya, kedua wakil Indonesia itu tampil baik di babak penyisihan grup. Persipura dan Arema pun lolos ke babak gugur. Akan tetapi, Arema Cronus kalah 0-2 dari wakil Hong Kong, Kitchee SC, di babak 16 besar.

Pemain Kuwait SC dapat kartu merah ketika bertanding lawan Persipura Jayapura di AFC Cup 2014 (FOTO: Youtube The AFC Hub).

Di sisi lain, Persipura Jayapura mampu mengalahkan wakil Myanmar, Yangon United dengan skor telak 9-2. Saat itu, Tim Mutiara Hitam memang diisi oleh skuad terbaik, seperti Boaz Solossa, Bio Paulin, hingga Robertino Pugliara.

Persipura melanjutkan tren positifnya ketika menghadapi wakil Kuwait, Al-Kuwait, di babak perempat final. Lagi-lagi, Persipura menang dalam format dua leg dengan agregat 8-4.

Kemenangan itu membuat Persipura melaju ke semifinal AFC Cup 2014. Itu merupakan prestasi tertinggi sepanjang keikutsertaan klub Indonesia di ajang tersebut. Persipura menghadapi wakil Kuwait lainnya, AL-Qadsia.

Sayangnya, Persipura malah dibantai klub tersebut dengan agregat 2-10. Kekalahan telak itu membuat mereka gagal melaju ke babak final AFC Cup 2014. 

Kini, harapan dibebankan ke PSM Makassar di AFC Cup 2022. Juku Eja diharapkan mampu menang di babak final zona ASEAN nanti demi melaju ke babak inter-zone.

Perjalanan Persipura di AFC Cup 2022 (Foto: Wikipedia)

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1640 seconds [13]