logo
Tim Nasional | Detail

Kilas Balik Piala Eropa 1992: Ledakan Tim Dinamit Denmark

Rivan Nasri Rachman
Rabu, 02 Juni 2021, 16:01 WIB
Kilas Balik Piala Eropa 1992: Ledakan <i>Tim Dinamit</i> Denmark
Timnas Denmark juara Piala Eropa 1992. (Foto: (90min)

PIALA Eropa 1992 mungkin akan selalu menjadi sebuah turnamen yang melegenda. Sebab tak disangka Timnas Denmark yang benar-benar tak diunggulkan justru dapat memenangkan kompetisi antarnegara Benua Biru tersebut.

Denmark mendapatkan julukan sebagai tim Dinamit usai berhasil menjuarai Piala Eropa 1992. Negara Skandinavia itu dianggap bak sebuah dinamit karena mampu memberikan kejutan dan memporak-porandakan tim-tim besar Eropa yang berkompetisi di turnamen tersebut.

Tapi tahukah Anda, Denmark awalnya tak masuk sama sekali ke dalam putaran final Piala Eropa 1992 yang berlangsung di Swedia itu? Mereka bisa lolos ke putaran final kejuaraan Eropa edisi kesembilan tersebut karena faktor keberuntungan.

Ya, keberuntungan telah memihak kepada Denmark sejak awal kompetisi Piala Eropa 1992 berlangsung. Seperti sudah menjadi takdir dan jalannya bagi Denmark untuk meraih kemenangan pada Piala Eropa edisi tersebut.

Awal Mula Denmark Bisa Tampil di Piala Eropa 1992

Timnas Denmark pada Piala Eropa 1992. (Foto: Eurosport)

Keberuntungan yang dimaksud adalah Denmark bisa bermain di putaran final Piala Eropa 1992 karena ada salah satu kontestan yakni Timnas Yugoslavia yang dicoret dari turnamen karena terlibat masalah politik.

Yugoslavia yang awalnya sudah lolos dari Grup 4 kualifikasi Piala Eropa 1992 itu justru mendapatkan sebuah bencana perang saudara. Akibat masalah itu, PBB lantas menjatuhkan hukuman kepada Yugoslavia.

Melihat keputusan yang diambil PBB, FIFA sebagai federasi sepak bola dunia lantas memilih untiuk membekukan sepak bola Yugoslavia. UEFA pun mencoret Yugoslavia dan memanggil Denmark untuk ikut serta di ajang Piala Eropa 1992.

Pencoretan Yugoslavia dari Piala Eropa 1992 yang terjadi dua pekan sebelum putaran final dimainkan itu membuat Denmark juga dikabarkan secara mendadak. Denmark yang pada saat itu diperkuat Peter Schmeichel pun hanya mendapatkan persiapan kurang lebih 11 hari saja.

Meski hanya memiliki waktu sebentar, Denmark tetap mantap menghadapi Piala Eropa 1992 dan mereka tergabung di Grup 1 bersama tuan rumah Swedia, Prancis, dan Inggris. Untuk yang belum tau, Piala Eropa 1992 hanya memiliki dua grup saja di putaran final.

Jadi, hanya delapan tim saja yang bermain di fase grup Piala Eropa 1992. Dua tim teratas dari masing-masing grup pun nantinya langsung bersaing di babak semifinal.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1718 seconds [13]