Ragam Lainnya | Detail

Kilas Balik Momentum Ramadan 2022, Tren Perilaku Belanja Online Masyarakat Indonesia

Karina Astawidara
Rabu, 25 Mei 2022, 13:44 WIB
Kilas Balik Momentum Ramadan 2022, Tren Perilaku Belanja Online Masyarakat Indonesia
Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir.

JAKARTA - Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama 3 bulan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1.000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Dalam riset Snapcart terkait “Perilaku Belanja Online Masyarakat Selama bulan Ramadan” menunjukkan bahwa 77 persen responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja persiapan dan kebutuhan selama bulan Ramadan. Hasil ini diikuti Tokopedia (19 persen) dan Lazada (4 persen). 

Belanja online menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Ramadan yang beragam. Tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022. Sebagian masyarakat Indonesia (68 persendari hasil riset) memilih untuk berbelanja baju lebaran serta aksesoris melalui e-commerce.

Kemudian, diikuti sebanyak 49 persen responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan. Lalu, sebanyak 45 persen responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31 persen responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga. 

Kategori produk terpopuler selama bulan Ramadan ini juga nyatanya sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia. Hal ini selaras seperti yang disampaikan oleh Direktur Snapcart Indonesia Astrid Wiliandry menuturkan, “Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu.”

Melihat kebutuhan Ramadan yang beragam, masyarakat Indonesia juga menaruh perhatian pada beberapa hal seperti promo yang menjadi hal paling banyak dicari oleh masyarakat. Melalui survei ini ditemukan sebanyak 77 persen responden memilih Rangkaian Promo Menarik menjadi hal yang paling dicari dalam program yang dihadirkan oleh pemain e-commerce pada bulan Ramadan.

“Potongan harga atau penawaran terbaik menjadi salah satu aspek yang menjadi daya tarik utama pada setiap program yang dihadirkan khususnya selama bulan Ramadan,” tutur Astrid.

Terbukti dari sebanyak 74 persen responden mengaku mengetahui program Shopee-Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, 48 persen responden mengetahui program Shopee-Cashback 50 persen 5 Waktu, dan 61 persen mengetahui program Shopee Serba Seribu. Diikuti dengan program-program promo lain yang diketahui oleh responden, seperti Tokopedia-Cashback Sebar Kumpul Untung Ramadan Ekstra (26 persen), Tokopedia-Flash Sale Ramadan Ekstra Diskon Kilat (38 persen), Lazada-Gratis Ongkir Ramadan Festival (19 persen), dan Lazada-Diskon Langsung Ramadan Festival (15 persen).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1349 seconds [12]