Tim Nasional | Detail

Ketum PSSI Persilahkan Shin Tae-yong Tegur Pemain Timnas di Depan Pemain Lainnya

Ilham Sigit Pratama
Kamis, 13 Januari 2022, 21:13 WIB
Ketum PSSI Persilahkan Shin Tae-yong Tegur Pemain Timnas di Depan Pemain Lainnya
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: Ilham Sigit/MPI)

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa dirinya mengizinkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk menegur pemain yang berbuat kesalahan di depan rekan-rekannya. Sebelumnya dalam podcast bersama Dedy Corbuzier, saat pertama kali diminta melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku ada yang memintanya untuk tidak menegur pemain di depan pemain lainnya.

Sementara Ketum PSSI yang kerap disapa Iwan Bule (Ibul) itu mengatakan bahwa sempat ada miss-komunikasi perihal Shin Tae-yong yang diminta untuk tidak menegur pemain timnas yang berbuat kesalahan di hadapan rekan-rekan setimnya. 

Hal itu diungkapkan usai Iwan Bule meninjau laga uji coba Timnas Indonesia Putri versus Persib Bandung Putri di Stadion Madya, Senayan, Kamis (13/1/2022). Sebelum menyaksikan laga tersebut, Iriawan mengaku sempat rapat dengan Shin Tae-yong untuk mengevaluasi Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2020 lalu.

Ketum PSSI itu pun menyampaikan hal apa saja yang dibahas pada rapat tersebut. Salah satunya yakni perihal miss-komunikasi pemahaman Shin Tae-yong terkait budaya di Indonesia.

“Berkaitan tentunya masalah hasil kemarin (Piala AFF), kenapa bisa menang melawan Malaysia, kenapa menang melawan Singapura? Kenapa kalah dari Thailand dengan skor 0-4 dan imbang 2-2 di leg kedua,” kata Ibul kepada awak media, termasuk Sportstars.id Kamis (13/1/2022).

“Tadi juga masalah pemahaman beliau yang kalau menegur pemain itu nggak boleh di depan umum. Padahal kan tidak, kita boleh saja kalau ada pemain yang salah, disampaikan di depan pemain lain agar pemain lain tahu,” sambungnya.

Namun, Ibul mewajarkan miss-komunikasi tersebut. Pria berusia 59 tahun itu mengatakan bahwa perkara tidak boleh menegur pemain di depan umum memang budaya di Indonesia.

“Saya bilang ‘silahkan saja’, contohnya ketika ada pemain yang salah lawan Thailand, disampaikan saja di depan teman-temannya, agar teman-temannya mengerti,”kata Ibul.

Usai rapat tersebut, Shin Tae-yong langsung terbang ke Bali. Selain untukmempersiapkan timnas untuk Piala AFF U-23 dan FIFA Matchday, pelatih asal Korea Selatan itu akan menyaksikan laga Liga 1 untuk mencari pemain berkualitas bagi Timnas Indonesia senior maupun U-23. 
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1074 seconds [13]