logo
Liga Indonesia | Detail

Ketum Pemuda Perindo Sorot Tiga Hal yang Hambat Kualitas Kompetisi Sepak Bola Domestik

Ilham Sigit Pratama
Jum'at, 14 Januari 2022, 17:49 WIB
Ketum Pemuda Perindo Sorot Tiga Hal yang Hambat Kualitas Kompetisi Sepak Bola Domestik
Duel udara terjadi pada laga Persib Bandung vs Bali United (Foto: Twitter/@BaliUtd)

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) Pemuda Perindo, Effendi Syahputra menyorot beberapa hal yang menjadi penghambat kemajuan kualitas kompetisi sepak bola Indonesia. Kualitas wasit, pelatih lokal dan pemain asing menjadi tiga hal yang disorot.

Partai Perindo menggelar acara Webinar untuk mendiskusikan masa depan sepak bola Indonesia, Jumat (14/1/2022). Acara berjudul “Setelah Final AFF, Apa yang Harus Dilakukan Timnas Indonesia?” itu turut dihadiri pula oleh legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Effendi pun menyorot beberapa hal yang menjadi akar permasalahan penghambat kemajuan sepak bola Indonesia. Menurutnya, PSSI perlu membenahi kualitas wasit yang belakangan ini kerap disorot publik karena kinerjanya yang buruk.

Asisten Manajer Indonesia All Star U-20, Effendi Syahputra (FOTO: MNC Portal Indonesia/Wikanto Arungbudoyo).

“Perangkat wasit juga buruk sekali, banyak kejadian kontroversi, bagaimana mungkin pemain kita bermain dengan wasit kualitas seperti ini?” kata Effendi.

“Bagaimana mungkin pemain kita bermain dengan wasit kualitas seperti ini? ketika mereka tampil di ajang internasional dengan wasit berkualitas, ini akan menjadi petaka bagi kita,” sambungnya.

Selain kualtias wasit, Effendi juga menilai pemain asing yang berkarier di Liga 1 dan Liga 2 belum bisa menjadi contoh bagi pemain lokal. Selain itu, kualitas pelatih lokal yang berkarier di kompetisi domestik juga dinilai masih jauh dari kata berkualitas.

“Sistem kompetisi kita buruk, brand value liga juga gak sebanding karena kehadiran pemain asing yang kualitasnya sebenarnya kurang seberapa,” terangnya.

“Pelatih lokal kualitasya juga masih timpang (dengan pelatih asing), kualitas pelatih juga perlu dibenahi,” imbuhnya.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1901 seconds [12]