Ragam Lainnya | Detail

Ketum FPTI Temui Menpora, Panjat Tebing Targetkan Medali Emas di Olimpiade Paris 2024

Tim Sportstars
Senin, 06 Juni 2022, 20:15 WIB
Ketum FPTI Temui Menpora, Panjat Tebing Targetkan Medali Emas di Olimpiade Paris 2024
Ketum FPTI, Zannuba A.C Wahid atau akrab disapa Yenny Wahid bertemu dengan Menpora RI, Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)

JAKARTA - Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Zannuba A.C Wahid atau akrab disapa Yenny Wahid bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali membahas prestasi dan rencana target medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Yenny Wahid tiba ke Gedung Graha Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat, pada Senin (6/6/2022). Dia ditemani oleh Wakil Sekretaris Umum FPTI, Visna Vulkovik, Bendahara Fendi Wibowo, bidang prestasi Rachmat Sopian serta Juara Dunia Panjang Tebing yakni Veddriq Leonardo, peraih medali emas World Cup Series Salt Lake City dan Kiromal Katibin, pemecah Rekor Dunia 5,10 detik. 

Kedatangan rombongan FPTI disambut baik oleh Menpora. Salah satu agenda besar yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah soal prestasi yang diraih cabang olahraga Panjat Tebing terutama di Kejuraaan World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022, Amerika Serikat. 

Menpora Amali menjelaskan, cabang olahraga panjat tebing adalah salah satu cabor unggulan yang ada di dalam Perpres 86/2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Bahan, untuk Olimpiade Paris 2024 nanti, panjat tebing akan diproyeksikan untuk bisa menghasilkan satu medali emas. 

Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, dan Rahmad Adi di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (Foto: Istimewa)
Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, dan Rahmad Adi di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (Foto: Istimewa)

"Kita berharap satu medali emas minimal dari panjat tebing, karena kita punya juara dunianya. Dan untuk itu kita persiapkan betul. Mereka kita akan TC (training center) jangka panjang, kita serius mempersiapkan mereka karena mereka sudah menjadi aset nasional aset bangsa dan tentu sudah menjadi juara dunia," katanya.

Sementara itu, Yenny Wahid menyampaikan apresiasi Menpora Amali dan pemerintah atas dukungan kepada cabang olahraga panjat tebing sehingga para atlet bisa maksimal menghasilkan prestasi di tingkat dunia. 

"Dukungan dari pemerintah itu menjadi prasyarat mutlak karena mengingat cabang olahraga panjat tebing ini, cabang yang strategis dan memang memerlukan banyak fasilitasi. Dan kami sangat mengapresiasi perhatian dari pemerintah  dan jajaran dalam memfasilitasi cabang olahraga panjat tebing," ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama Yenny juga melaporkan sejumlah prestasi yang diraih Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin. Keduanya meraih juara dunia dan medali emas termasuk memecahkan rekor di sejumlah kejuaraan dunia termasuk terkahir di World Cup Series Salt Lake City Amerika Serikat dan World Cup IFSC (International Federation of Sport Climbing) 2022 di Korea Selatan. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1462 seconds [13]