logo
Ragam Lainnya | Detail

Kesuksesan Indonesia Jadi Contoh Negara Lain Selenggarakan ASEAN Para Games

Basudiwa Supraja
Sabtu, 06 Agustus 2022, 14:01 WIB
Kesuksesan Indonesia Jadi Contoh Negara Lain Selenggarakan ASEAN Para Games
Penyalaan kaldron menjadi puncak Upacara Pembukaan ASEAN Para Games 2022 pada Sabtu 30 Juli silam (Foto: INASPOC)

SOLO - Ketua Litbang NPC Indonesia, Sapta Kunta Purnama, mengklaim negara lain ingin menjadikan Indonesia sebagai contoh. Sebab, Indonesia dinilai sukses menyelenggarakan ASEAN Para Games 2022.

Menurutnya, pelayanan dan fasilitas yang disajikan oleh pihak panitia jauh lebih baik dari kesempatan di edisi sebelumnya. Sapta mengatakan para kontingen tamu juga merasa puas atas segala yang disuguhkan oleh tuan rumah.

Tak hanya itu, Sapta juga menyampaikan Kamboja dan Malaysia mengaku ingin belajar dari Indonesia dalam hal penyelenggaraan bahkan pelatihan. Ini merupakan salah satu prestasi yang apik didapat Indonesia.

"Disampaikan oleh para CdM ASEAN Para Games 2022 Indonesia akan dijadikan contoh," jelas Sapta dalam konferensi pers yang digelar Jumat (5/8/2022) malam WIB.

"Bahkan ada beberapa negara seperti Kamboja, dan juga Malaysia ingin belajar dari Indonesia dalam proses penyelenggaraan maupun pelatihan," imbuhnya.

Ini bukan kali pertama Indonesia menjabat sebagai tuan rumah ASEAN Para Games. Sebelumnya, Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games pada 2011, juga di Kota Solo.

Sebagaimana diketahui, Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022. Dari catatan terakhir, Indonesia sudah mengantongi 168 medali emas menurut data lapangan yang diperoleh CdM Andi Herman.

Keberhasilan itu membuat Indonesia menjadi penantang kuat Thailand di ASEAN Para Games. Mengingat, Indonesia menempati peringkat kedua negara yang memiliki koleksi gelar juara terbanyak (3 kali) sedangkan Thailand enam kali.

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1973 seconds [13]