logo
Ragam Lainnya | Detail

Keseimbangan Statis: Pengertian, Contoh dan Cara Melatihnya

Tim Sportstars
Selasa, 27 Desember 2022, 17:11 WIB
Keseimbangan Statis: Pengertian, Contoh dan Cara Melatihnya
Gerakan keseimbangan statis. (Foto: trainingpartnersinc.com)

JAKARTA - Keseimbangan statis: pengertian, contoh dan cara melatihnya akan dibahas lebih lengkap dalam artikel ini. Dikutip dari buku PJOK Kelas XI Kemendikbud 2017, keseimbangan statis adalah salah satu dari dua jenis kemampuan menjaga keseimbangan tubuh pada manusia. 

Pada dasarnya keseimbangan adalah kemampuan seseorang memelihara pusat massa tubuh dengan cara menjaga batasan stabilitas yang ditentukan oleh pusat dasar penyangga. Kemampuan menjaga keseimbangan ini adalah hal yang penting bagi para atlet maupun orang biasa, terutama para lansia.

Pengertian Keseimbangan Statis:

Keseimbangan statis adalah kemampuan untuk mempertahankan posisi dan sikap tetap di tempat, biasanya ruang geraknya sangatlah kecil contohnya berdiri di atas alas yang sempit, berdiri di atas balok atau berdiri diatas papan keseimbangan dengan satu kaki dan mata tertutup dan mempertahankan keseimbangannya. 

Sedangkan menurut Permana (2012), keseimbangan statis adalah kemampuan seseorang untuk mempertahankan tubuh dalam posisi diam atau saat center of gravity (COG) tidak berubah. Dengan kata lain merupakan keseimbangan yang tidak bergerak.

Contoh Keseimbangan Statis :

  • Duduk dengan mengangkat kedua kaki.
  • Berdiri dengan satu kaki.
  • Berdiri dengan salah satu kaki kemudian jongkok.
  • Berdiri dengan membentuk sikap kapal terbang.

Cara Melatih Keseimbangan Statis

Banyak cara yang dilakukan untuk melatih keseimbangan statis pada tubuh manusia, salah satunya adalah latihan peregangan statis (static stretching). Dalam latihan static stretching, seseorang harus mengambil sikap sedemikian rupa sehingga dapat meregangkan beberapa otot tertentu. 

Biasanya sikap dalam latihan ini berupa sikap berdiri dengan tungkai lurus, badan dibungkukkan, dan tangan mencoba menyentuh lantai, yang mana dapat berfungsi untuk meregangkan otot belakang paha. Berhubung latihan ini termasuk pada keseimbangan statis, maka gerakan tersebut harus dipertahankan selama beberapa detik dengan tidak bergerak-gerak.

JAYAPURA - Pesenam artistik DKI Jakarta, Rifda Irfanaluthfi melakukan pemanasan sebelum berlaga pada nomor balok keseimbangan di Istora Papua Bangkit, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (4/10/2021). Aksi para atlet senam artistik yang meliuk-liukan badan

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1878 seconds [13]