logo
Ragam Lainnya | Detail

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Guling Belakang dalam Senam Lantai

Tim Sportstars
Senin, 19 Desember 2022, 17:46 WIB
Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Guling Belakang dalam Senam Lantai
Kesalahan yang sering dilakukan saat guling belakang dalam senam lantai. (Foto: Tangkapan Layar AEROkids Australia)

JAKARTA - Kesalahan yang sering dilakukan saat guling belakang dalam senam lantai perlu kamu perhatikan ketika akan melakukan. Guling belakang adalah salah satu gerakan olahraga dalam senam lantai yang dilakukan di atas matras. Gerakan guling belakang adalah gerakan badan ke arah belakang melalui punggung, panggul bagian belakang, pinggang, dan pinggul bagian belakang. 

Gerakan guling belakang perlu kelentukan tubuh dan keberanian diri ketika akan melakukannya, dikarenakan posisi tubuh ketika akan melakukan guling belakang adalah membelakangi matras. Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat guling belakang dalam senam lantai

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Guling Belakang dalam Senam Lantai

Dikutip dari buku Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam Lantai (2018) Karya Dr. Sapto Adi, M.Kes, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat melakukan gerakan guling belakang, yaitu:

  • Gerakan ketika melakukan guling belakang tidak berguling ke belakang, namun menjatuhkan punggung badan ke belakang sehingga badan tidak membentuk bulatan. Sehingga, tubuh tidak dapat mengguling. 
  • Ketika berguling, kedua lutut tidak ditarik ke dekat dada, badan dan kaki tetap terangkat sehingga terjatuh terlentang. 
  • Ketika kedua ujung kaki menyentuh matras, kedua tangan tidak menolakkan pada matras, sehingga kedua tangan tidak lurus, badan dan kepala tidak terangkat. Akhirnya badan berguling ke arah samping kanan atau kiri matras. 
  • Ketika badan berguling, sebelum kedua ujung kaki menyentuh matras, kedua tangan ditolakkan secara kuat sehingga tubuh terangkat melayang di udara dan jatuh terlungkup. 

Peragaan urutan melakukan guling belakang. (Foto: Tangkapan layar  akun akram ahsan)

Sedangkan menurut Materi Senam Lantai, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Kelas 7, beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika guling belakang adalah: 

  • Sikap tubuh ketika akan melakukan guling belakang kurang membulat, sehingga keseimbangan tubuh kurang sempurna ketika mengguling ke belakang. 
  • Salah satu tangan kurang kuat untuk bertumpu di atas matras atau bukan telapak tangan yang digunakan untuk bertumpu di atas matras. 
 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1822 seconds [12]