Ragam Lainnya | Detail

Kesalahan-Kesalahan dalam Permainan Bola Voli

Sulthan Muafa
Kamis, 09 Juni 2022, 08:45 WIB
Kesalahan-Kesalahan dalam Permainan Bola Voli
Terdapat kesalahan-kesalahan dalam bermain bola voli yang penting dievaluasi kembali (Foto: Instagram)

JAKARTA-Kesalahan-kesalahan dalam permainan bola voli sangat penting untuk diulas kembali. Karena berbagai cabang olahraga tentu banyak dari pemain yang melakukan kesalahan saat berlaga. Terlebih dalam permainan bola voli.

Entah dari kesengajaan ataupun tidak, maka pemain yang melakukan kesalahan itu dapat menimbulkan terjadi pelanggaran. Hal ini bisa disimpulkan terjadinya kurang tertib sehingga melanggar aturan yang berlaku dalam permainan voli.

Kesalahan-kesalahan dalam permainan bola voli  

Kali ini Sportstars akan merangkum  perihal kesalahan-kesalahan dalam permainan bola voli. Berikut uraiannya:

1. Kesalahan Saat Servis

Saat melakoni duel pertandingan biasanya servis adalah awalan yang terpenting dalam permainan voli. Namun selain itu para pemain pun ada yang turut melanggar saat melakukan aksinya.

Kesalahan yang terjadi saat servis itu diantaranya ada pemain yang mencoba mengulurkan waktu terlalu lama saat mengambil bola. Lalu saat memulai pukulan pada bola tidak sepatutnya menggunakan area tubuh lain selain tangan.

Kemudian bola yang diservisinya keluar dari kotak area lawan atau terkena net, melewati bawah net ataupun melampaui batas pada ujung dari net.

Kaki pada pemain garis batas kotak begitupun kaki terangkat dan terakhir bola tidak dilambungkan ke atas dahulu saat servis.

2. Kesalahan Pada Net

Kesalahan ini terjadi saat berhubungan pada net. Pertama apabila pemain  dengan sengaja maupun tidak, seketika menyentuh di area tiang net.  

Selanjutnya tangan pemain melebih batas net ke area lawan sehingga muncul sebelum lawan melakukan aksi serangan. Mengganggu pada pusat area lawan entah menyentuh dan menarik pada bagian seragam voli ataupun yang semestinya tidak diberlakukan,.

3. Kesalahan Dalam Waktu Bermain

Saat kedua tim menuai aksi laga di lapangan. Beberapa pemain tentu ada yang secara langsung melakukan kesalahan.

Kesalahan itu terjadi diawali pemain seketika melakukan pukulan pada bolanya secara dua kali oleh orang yang sama lalu dipukul bola tersebut secara terus menerus melebihi dua kali.

Lalu terakhir pemain secara langsung melakukan aksi pukulannya dengan tidak ada niatan untuk memasukkan ke area lapangan permainan voli lebih dari tiga kali.

4. Kesalahan Terjadi di Luar Permainan Ketika Laga Berlangsung

Kesalahan satu ini berakibat adanya tingkah laku pemain, pelatih ataupun stafnya yang kurang berkenan ataupun tidak pantas dilakukan saat sedang jalannya laga. 

Misalkan di antara para skuadnya ada yang berbicara dengan tidak senonoh ataupun kata-kata sembarangan dilontarkan. Lebih lanjut berperilaku yang kuran sopan semisalnya menginjak-injakkan kaki di area lapangan ataupun berteriak keras.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1361 seconds [12]