Liga Indonesia | Detail

Kerjasama PT LIB dan Perusahaan Korsel Penting untuk Kemajuaan Sepak Bola Indonesia

Ilham Sigit Pratama
Rabu, 12 Januari 2022, 11:41 WIB
 Kerjasama PT LIB dan Perusahaan Korsel Penting untuk Kemajuaan Sepak Bola Indonesia
PT Liga Indonesia Baru (Foto: PT LIB)

BALI – Operator kompetisi Liga 1 2021-2022 PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah bekerjasama dengan perusahaan teknologi asal Korea Selatan Fitogether. Kerjasama ini untuk menghadirkan sepak bola Indonesia berbasis data dan kecerdasan buatan. Teknologi canggih milik perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut akan diterapkan ke seluruh klub peserta Liga 1. Fitogether merupakan penyedia peralatan olahraga berbasis kecerdasan buatan. 

Produk-produk andalannya meliputi rompi Electronic Performance Tracking System (EPTS) dan AI-based Sports Team Performance Management. Kedua peralatan tersebut akan menyediakan data yang dibutuhkan staf kepelatihan perihal performa pemain, baik saat bertanding maupun berlatih. 

Nantinya, para pelatih akan dengan mudah mengetahui data-data perihal stamina, akselerasi, naik turunnya performa, hingga resiko cedera dari setiap pemain. Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita, mengatakan bahwa analisis berbasis data merupakan elemen penting yang wajib diperhatikan jika ingin memajukan sepak bola. Dirinya pun mengaku senang sepak bola Indonesia bisa dilengkapi dengan teknologi canggih seperti di Eropa.

“Kami sangat percaya bahwa analisa berbasis data sangat penting dalam perkembangan sepak bola. Bisa mengamati secara detail potensi pemain, mencegah cedera, meningkatkan standar permainan, atau menaikkan nilai komersil mereka,” kaya Akmad Hadian dilansir laman resmi PT LIB, Rabu (12/1/2022).

“Perangkat EPTS-nya sudah disertifikasi sebagai kualitas terdepan di dunia. Dengan begitu, klub-klub Liga 1 bisa memanfaatkan teknologi mutakhir mereka,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Fitogether, Taehyung Kim menilai bahwa potensi sepak bola Indonesia sangat menjanjikan, sehingga dirinya tak ragu untuk bermitra dengan PT LIB. Dirinya pun berharap klub-klub peserta Liga 1 akan bersinergi dengan Timnas Indonesia perihal memaksimalkan kualitas pemain.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan LIB. Kami berharap bisa berkolaborasi dengan hal lainnya, karena kami menilai sepak bola Indonesia ini berkembang pesat,” ucap Taehyung Kim. “Dengan program ini, kami juga berharap ada keselarasan antara klub dan Timnas,” pungkasnya.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1248 seconds [12]