Bola Lainnya | Detail

Keras! Inilah 5 Derby Terpanas Sepak Bola, Nomor 1 Derby yang Berdarah-darah

Wikku D. Nugroho
Sabtu, 14 Mei 2022, 14:20 WIB
Keras! Inilah 5 Derby Terpanas Sepak Bola, Nomor 1 Derby yang Berdarah-darah
Derby keras yang legendaris yaitu Derby Milan tahun 2004

JAKARTA-Derby terpanas sepak bola selalu jadi perbincangan hangat di kalangan pecinta sepakbola dunia. Pertandingan sepakbola selalu menjadi tontonan menarik bagi semua kalangan tidak terbatas umur dan status sosial. 

Bahkan di setiap negara selalu memiliki pertandingan derby sepakbola yang memiliki hal-hal menarik, termasuk derby sengit. 
Istilah derby sepakbola merujuk kepada pertandingan antar rival satu kota ataupun lain kota. 

Sepanjang sejarah derby sepakbola yang sudah berlangsung tidak jarang menampilkan duel keras di antara pemain 2 kubu. Selain memperebutkan kemenangan, pertandingan derby juga berarti besar untuk kebanggaan setiap tim yang menang dan sebaliknya.

Derby Terpanas Sepak Bola

Lalu derby mana sajakah yang termasuk dalam derby terpanas sepakbola? Simak ulasannya berikut ini;

  • Derby Della Capitale

Salah satu derby terpanas dalam sejarah sepakbola adalah Derby Della Capitale di kota Roma. Derby ini mempertemukan dua klub ibukota yaitu SS Lazio dan AS Roma. Diketahui jika persaingan panas antara 2 tim tersebut sudah terjadi di tahun 1900-an.

Ternyata dalam sejarahnya pemimpin fasis Italia masa lalu, Benito Mussolini, juga turut andil dalam lahirnya derby antar kota Roma ini. Derby ini menjadi persaingan untuk menunjukkan siapa tim terkuat di ibu kota Italia.

  • Derby Della Madonnina

Salah satu derby sengit lainnya ada di kota Milan. Derby tersebut menyajikan Derby Della Madonnina mempertemukan AC Milan dan Inter Milan. Della Madonnina terinspirasi penghormatan terhadap patung perawan Maria bernama Madonnina di Puncak Duomo.

Persaingan panas kedua klub kota Milan ini sejatinya sudah berlangsung sejak tahun 1908. Di era 2000an bahkan tidak jarang diwarnai aksi brutal Gennaro Gattuso, Marco Materazzi dan Zlatan Ibrahimovic dalam derby tersebut.

  • North West Derby

Di Liga Inggris juga ada derby terpanas antar Manchester United dan Liverpool. Derby ini bernama North West Derby. Nama North West terinspirasi dari wilayah kedua klub tersebut berada, yakni kota Manchester dan Liverpool yang hanya berjarak 56km

Persaingan ini tercipta karena kedua klub tersebut merupakan peraih gelar terbanyak Liga Inggris. Sehingga derby ini sekaligus menjadi penentuan klub terkuat di tanah Inggris pada abad ini.

Rivalitas sengit perebutan klub yang terbaik di Spanyol antara Real Madrid dan Barcelona juga tersaji dalam derby El Clasico. Setiap tahun para pecinta sepakbola dunia pasti menantikan salah satu pertandingan terpanas ini.

Bahkan rivalitas membuat kedua klub tersebut menggunakan berbagai cara untuk menang dalam Derby El Clasico. Salah satu kejadian monumental yaitu saat usai pertandingan, Jose Mourinho mencolok mata pelatih Barcelona saat itu, mendiang Tito Vilanova.

  • Super Classico

Di tempat pertama derby terpanas sepak bola, ditempati rivalitas antara 2 klub Liga Argentina, Boca Juniors dan River Plate. Boca Juniors sendiri merupakan representasi dari kelas imigran dan River Plate didominasi masyarakat ekonomi menengah ke atas.

Banyak orang berpendapat jika derby Super Classico ini merupakan derby yang selalu berlangsung keras dan tidak jarang mengucurkan darah. Baik dari para pemain di lapangan, para maupun suporternya.

Demikian informasi derby terpanas sepak bola. Patut kita tunggu derby mana lagi yang akan menyuguhkan pertandingan panas dan keras dalam dunia sepakbola.
 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1320 seconds [12]