Netting | Detail

Keputusan Indonesia Mundur dari Kejuaran Dunia Bulu Tangkis 2021 Dikritik Jurnalis Denmark

Andika Rachmansyah
Rabu, 08 Desember 2021, 23:23 WIB
Keputusan Indonesia Mundur dari Kejuaran Dunia Bulu Tangkis 2021 Dikritik Jurnalis Denmark
Tim Bulu Tangkis Indonesia di ajang Piala Sudirman 2021 (Foto: PBSI)

ODENSE – Jurnalis asal Denmark, Jacob Qvirin, melempar kritik atas keputusan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) yang mundur dari Kejuaraan Dunia 2021. Melalui akun Twitter pribadinya, dia mengatakan bahwa PBSI dianggap tidak menghormati dunia bulu tangkis.

Seperti diketahui, tim bulu tangkis Indonesia resmi mengundurkan diri dari Kejuaraan Dunia 2021 lantaran khawatir dengan varian baru virus Covid-19, Omicron. PBSI secara resmi mengumumkan skuatnya undur diri dari turnamen yang akan digelar di Huelva, Spanyol pada 12-19 Desember 2021.

Keputusan tersebut kemudian mendapat kritikan dari Jacob yang merupakan seorang jurnalis televisi di Denmark. Melalui cuitan di akun Twitternya, dia mengatakan bahwa mundurnya tim Merah Putih dari Kejuaraan Dunia menunjukkan bahwa PBSI tidak memiliki rasa hormat terhadap bulu tangkis dan federasi (BWF).

“Ini sangat tidak menghormati seluruh dunia bulu tangkis dan BWF yang baru saja tinggal dan bermain selama 3-4 minggu di Bali lalu memuji Indonesia yang telah menjadi tuan rumah tiga acara,” tulis Jacob, Rabu (8/12/2021).

Kritik dari jurnalis asal Denmark, Jacob Qvirin (Foto: Twitter)
Kritik dari jurnalis asal Denmark, Jacob Qvirin (Foto: Twitter)

“Sekarang, mereka harus bermain Kejuaraan Dunia di Eropa, mereka tidak peduli tentang olahraga,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Jacob tidak menerima alasan Indonesia yang mundur lantaran adanya varian baru Covid-19, Omicron. Pasalnya, dia mengatakan bahwa semua pemain telah divaksinasi dan hampir semua negara juga sama takutnya terhadap virus tersebut.

“Sejujurnya, semua pemain divaksinasi. Jika semua negara takut seperti Indonesia, mereka juga tidak akan datang ke Bali. Semua olahraga terus berjalan, tetapi perkembangan kecil dalam pandemi menghentikan bulutangkis? Olahraga akan mati dengan cara ini. Kita tidak bisa berhenti hidup!” tegasnya.

Namun, Indonesia masih memiliki perwakilan yang tampil di Kejuaraan Dunia 2021. Adalah Dejan Ferdinansyah/Serena Kani yang akan bertanding di sektor ganda campuran. Sementara itu, tunggal putra nomor dua dunia, Kento Momota juga mundur dari turnamen tersebut karena mengalami cedera.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1861 seconds [13]