F1 | Detail

Kendorkan Sabuk Pengaman, Lewis Hamilton Dijatuhi Denda Rp81 Juta

Fitradian Dhimas Kurniawan
Senin, 15 November 2021, 05:56 WIB
Kendorkan Sabuk Pengaman, Lewis Hamilton Dijatuhi Denda Rp81 Juta
Lewis Hamilton (kanan) mengungguli Max Verstappen pada F1 GP Brasil 2021 (Foto: Reuters/Amanda Perobelli)

INTERLAGOS - Pembalap tim Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton berhasil menjadi juara GP F1 Brasil di Sirkuit Interlagos, Senin (15/11/2021) dini hari WIB. Akan tetapi ada hal yang mencoreng kemenangannya tersebut.

Hamilton mendapatkan 5 ribu euro atau sekitar Rp81 juta setelah meraih gelar juara. Denda ini didapat oleh pembalap asal Inggris tersebut lantaran dia sampai sedikit melonggarkan sabuk pengamannya dan melambaikan tangan ke penonton setelah melintas garis finis.

Namun, hal itu tak bisa diterima dengan baik oleh pengawas balap atau Stewards. Mereka menggap Hamilton gagal memberikan contoh yang baik dan melanggar kode etik olahraga.

Mengenai pasal ketiga Kode Olahraga Internasional FIA mengenai sabuk pengaman, pembalap wajib terikat dengan sabuk pengaman sesuai regulasi teknis sepanjang mobil bergerak di lintasan.

Oleh sebab itu, maka stewards pun harus memberikan sanksi, berupa denda 5 ribu euro. Selain itu, akan ada denda tambahan sebesar 20 ribu euro (Rp325 juta) yang ditangguhkan pada 2022 mendatang.

“Meski pengawas balap ikut bersimpati atas semangat untuk merayakan, pada dasarnya sangat tidak aman melonggarkan sabuk pengaman ketika mobil bergerak,” bunyi pernyataan resmi FIA.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2166 seconds [12]