logo
Tim Nasional | Detail

Kenapa Elkan Baggott Tak Perlu Dinaturalisasi? Ini Alasannya

Coro Mountana
Sabtu, 02 Juli 2022, 08:20 WIB
Kenapa Elkan Baggott Tak Perlu Dinaturalisasi? Ini Alasannya
Berbeda dengan Jordi Amat, Elkan Baggott bisa membela Timnas Indonesia tanpa harus melewati proses naturalisasi. (PSSI)

BERBEDA dengan Jordi Amat, Elkan Baggott bisa membela Timnas Indonesia tanpa harus melewati proses naturalisasi. Mengapa bisa begitu? Bukankah Elkan Baggott juga merupakan pemain naturalisasi Timnas Indonesia?

Belakangan, sepak bola Indonesia sedang ramai membicarakan kepindahan Jordi Amat ke klub Malaysia, Johor Darul Tazim. Banyak netizen Indonesia yang kecewa dengan kepindahan Jordi Amat dari Eropa, padahal masih jalani proses naturalisasi.

Terlepas dari kasus itu, Elkan Baggott yang sudah beberapa kali dipercaya Shin Tae-yong di Timnas Indonesia alami nasib berbeda dengan Jordi Amat. Meski sama-sama keturunan Indonesia, Elkan Baggott tidak perlu dinaturalisasi.

Hal itu dikarenakan, Elkan Baggott memang sudah menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) dari ibunya. Mengacu pada UU No. 12 tahun 2006 pasal 4 d, salah satu syarat seseorang disebut WNI ketika anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah warga negara asing dan ibu Warga Negara Indonesia.

Perlu diketahui jika ayah Elkan Baggott berasal dari Inggris, tapi sang ibu punya paspor Indonesia alias WNI. Oleh karena itu, Elkan Baggott sudah dianggap sebagai WNI sehingga tak perlu dinaturalisasi.

Kasus Elkan Baggott jelas berbeda dengan Jordi Amat atau Jim Croque. Kedua pemain itu memang keturunan Indonesia tapi ayah dan ibunya bukanlah WNI.

Oleh karena itu, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Sandy Walsh hingga Jim Croque harus jalani proses naturalisasi dulu buat bela Timnas Indonesia. Elkan Baggott sendiri bisa membela Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong usai mengambil KTP di Indonesia.

Kehadiran Elkan Baggott akhirnya sangat membantu Timnas Indonesia di ajang Internasional. Ia menjadi salah satu sosok kunci di lini pertahanan Timnas Indonesia saat lolos dari kualifikasi Piala Asia 2023.

Editor : Coro Mountana

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1768 seconds [12]