logo
Bola Lainnya | Detail

Kenapa Cristiano Ronaldo Masuk Nomonasi Ballon dOr, Tapi Lionel Messi Tidak?

Ilham Sigit Pratama
Minggu, 14 Agustus 2022, 22:05 WIB
Kenapa Cristiano Ronaldo Masuk Nomonasi Ballon dOr, Tapi Lionel Messi Tidak?
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo (Foto: Istimewa)

PARIS - Untuk kali pertama selama 12 tahun terakhir rivalitas Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi harus absen di nominasi Ballon d'Or. Lantas apa yang membuat absennya Messi?

Dilansir dari Marca, Minggu (14/8/2022), media Prancis, L'Equipe lantas memberikan sejumlah alasan mengapa kapten Timnas Argentina itu absen. Salah satu yang mencolok adalah statistik Messi yang tak mentereng bersama PSG.

Menurut L’Equipe, Messi dianggap gagal memenuhi ekspektasi selama karier perdananya di PSG. Meski berhasil membantu Les Parisiens menjuarai Liga Prancis 2021-2022, catatan individu Messi dinilai tidak seharum Ronaldo.

“Tahun pertama di Paris ditandai dengan kekecewaan, kesan yang tidak menyenangkan bahwa sebagian besar diri Messi masih berada di Barcelona,” tulis L’Equipe dalam artikelnya.

Lionel Messi memuji Italia sebagai tim hebat usai bawa Argentina juara Finalissima 2022 (FOTO: REUTERS).

Sekadar informasi, Messi hanya mencetak 11 gol dalam 34 penampilannya bersama PSG musim lalu. Selain itu, La Pulga -julukan Messi- juga hanya mampu mencetak 15 assist.

Kontras dengan catatan yang ditorehkan Ronaldo. Meski performa Manchester United hancur lebur, Ronaldo masih mampu melesakkan 24 gol dari 39 penampilannya.

Selain itu, CR7 juga mencetak sejumlah rekor pada tahun lalu. Salah satunya yakni kala menjadi pencetak gol terbanyak di level internasional.

Hal itu dinilai L’Equipe sebagai alasan mengapa France Football tidak memasukkan nama Messi dan mencantumkan nama Ronaldo. Catatan rekor hingga jumlah gol atau assist menunjukkan bahwa Ronaldo lebih baik dari pada Messi tahun lalu.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2021 seconds [13]