logo
F1 | Detail

Kejatuhan Man United Jadi Pelajaran Toto Wolff di Mercedes

Wikanto Arungbudoyo
Selasa, 16 Agustus 2022, 12:16 WIB
Kejatuhan Man United Jadi Pelajaran Toto Wolff di Mercedes
George Russell, Lewis Hamilton (tengah), dan Toto Wolff berbicara pada peluncuran mobil Mercedes W-13 (Foto: Mercedes AMG Petronas)

BRACKLEY Toto Wolff tidak mau dominasi Mercedes AMG Petronas di Formula 1 (F1) runtuh begitu saja. Dia mengaku belajar dari kejatuhan Manchester United dalam 10 tahun belakangan di Liga Inggris. 

Seperti diketahui, Mercedes mendominasi F1 sejak era mesin hibrida pada 2014. The Silver Arrow sukses mengawinkan gelar juara di kategori pembalap dan konstruktor selama tujuh musim beruntun (2014-2020).

Akan tetapi, dominasi mereka mulai runtuh pada F1 2021. Mercedes hanya menjadi juara di kategori konstruktor. Pun begitu, Mercedes masih menjadi salah satu tim terbaik dengan delapan kali juara beruntun.

Mercedes kini mulai goyah di F1 2022. Perubahan regulasi teknis mobil sedikit menghambat laju mereka. Hal itu berpotensi mengancam kiprah Mercedes di F1. Maka, Wolff belajar banyak dari kesalahan tim-tim olahraga yang pernah mendominasi di masa lalu, seperti Man United.

“Saya belajar mengapa tim-tim hebat tidak bisa mengulangi dominasi mereka. Tidak ada tim di olahraga lain yang pernah memenangi delapan titel juara dunia beruntun,” papar Wolff, dikutip dari Crash, Selasa (16/8/2022).

“Ada banyak alasan untuk itu, dan inti dari semuanya adalah manusia. Manusia bisa menjadi terlena. Anda tidak memiliki energi seperti sebelumnya. Mungkin, Anda tidak lagi ambisius,” lanjut pria berpaspor Austria itu.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1822 seconds [13]