logo
Basket | Detail

Kehadiran Indonesia Arena Diprediksi Sedot Penonton FIBA World Cup 2023

Rio Eristiawan
Sabtu, 23 Juli 2022, 19:00 WIB
Kehadiran Indonesia Arena Diprediksi Sedot Penonton FIBA World Cup 2023
Presiden FIBA dan perwakilannya meninjau proses pembangunan Indonesia Arena (Foto: MPI/Rio Eristiawan)

JAKARTA - Director General FIBA Media dan Marketing, Frank Leenders, optimistis FIBA World Cup 2023 tetap ramai penonton. Meski tanpa kehadiran Timnas Basket Indonesia, Leenders menyebut acara tersebut tetap menyedot perhatian penonton karena adanya venue baru, Indonesia Arena

Sebagaimana diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama dengan Filipina dan Jepang. Ajang tersebut akan berlangsung pada 25 Agustus hingga 10 September tahun depan.

Pemerintah dan PP Perbasi kemudian bergerak cepat untuk membangun venue berstandar internasional yang dinamai Indonesia Arena. Nantinya tempat ini akan menampung 16.000 penonton dan dibangun di atas tanah seluas 31.826 meter persegi.

Sayangnya Timnas Basket Indonesia tidak akan tampil di FIBA World Cup 2023 usai disingkirkan China di babak playoff perempat final FIBA Asia Cup 2022. Marques Bolden dkk menelan kekalahan 58-108 dari Tim Negeri Tirai Bambu di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2022) malam WIB.

Perwakilan FIBA memantau pembangunan Indonesia Arena di Senayan, Jakarta (Foto: MPI/Cikal Bintang)
Perwakilan FIBA memantau pembangunan Indonesia Arena di Senayan, Jakarta (Foto: MPI/Cikal Bintang)

Akibat gagalnya Timnas Basket Indonesia lolos ke perempat final FIBA Asia 2022 membuat para penonton tidak memenuhi Istora Senayan. Hal tersebut pun menjadi kekhawatiran FIBA mengenai sepinya penonton untuk menyaksikan Piala Dunia tahun depan, setelah Indonesia Patriots  -julukan Timnas Basket Indonesia- tersingkir.

Leenders optimis adanya venue baru dan pemain-pemain top internasional tak akan menyurutkan animo penggemar bola basket. Dia menjelaskan venue baru akan menjadi daya tarik masyarakat Indonesia untuk datang menyaksikan FIBA World Cup 2023.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1532 seconds [12]