Liga Indonesia | Detail

Kebutuhan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Liga 1 Ditunda Pada Desember?

Basudiwa Supraja
Kamis, 25 November 2021, 13:29 WIB
Kebutuhan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Liga 1 Ditunda Pada Desember?
PSM Makassar vs Persib Bandung (Foto: Liga Indonesia Baru)

JAKARTA - Ada kabar bahwa Liga 1 2021-2022 akan ditunda pada Desember mendatang. Beberapa alasan disinyalir menjadi latar belakang kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu bakal dihentikan sementara waktu. 

Di antaranya terkait kebutuhan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 dan keluarnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada libur Natal dan tahun baru dari pemerintah. 

Hal itu merujuk dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022. 

Pemerintah tidak memperbolehkan adanya kegiatan olahraga pada tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. "Namanya kemungkinan, pasti selalu ada. Namun keputusan soal itu merupakan ranah PSSI," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Karena ada kebutuhan lebih banyak pemain, kami terus berdiskusi dengan klub. Semuanya sedang dimatangkan. Kita tunggu saja. PSSI yang akan menentukan berapa kebutuhan pemain untuk Timnas Indonesia," Hadian Lukita menambahkan.

Namun belum diketahui pasti sejak pekan keberapa Liga 1 akan diliburkan sementara. Saat ini, Liga 1 2021-2022 memasuki seri ketiga yang tetap berlangsung di sekitaran Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sementara seperti diketahui, sebelumnya ada kesepakatan antara PSSI dan PT LIB dengan klub peserta Liga 1 bahwa pelatih Timnas Indonesia yang bida memanggil maksimal dua pemain per-klub untuk pagelaran Piala AFF 2020 di Singapura yang akan berlangsung mulai 5 Desember mendatang.

Karena kebijakan tersebut, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong hanya memanggil 26 pemain untuk menjalani TC di Turki. Sementara pada Piala AFF 2020 nanti setiap kontestan diperbolehkan mendaftarkan 30 pemain.
 
Jika benar Liga 1 akan diliburkan pada Desember mendatang, Shin Tae-yong diyakini akan lebih leluasa dalam melengkapi skuad dengan pemain yang sesuai kebutuhan taktikalnya dan tidak lagi dibatasi kebijakan dua pemain per klub.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3968 seconds [12]