Hobi | Detail

Pengertian Kebugaran Jasmani: Sejarah, Unsur, dan Bentuk Latihannya

Johana Joy Artamira
Jum'at, 22 April 2022, 15:23 WIB
Pengertian Kebugaran Jasmani: Sejarah, Unsur, dan Bentuk Latihannya
Lomba SKJ (Senam Kebugaran Jasmani) se Kota Batu bertempat di GOR Gajah Mada, Kota Batu, Sabtu (2/11/2019). (Foto: prokopim.batukota.go.id)

JAKARTA - Informasi seputar kebugaran jasmani yang dimulai dari pengertian, sejarah, unsur, hingga bentuk latihannya menarik dikulik. 

pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari dengan ringan dan mudah tanpa merasakan kelelahan yang berarti serta masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain.

Terdapat beberapa manfaat kebugaran jasmani bagi tubuh yang bisa didapatkan. Aktivitas kebugaran jasmani dapat membantu menurunkan dan mengontrol berat badan, meningkatkan kesehatan otot dan tulang, meningkatkan energi, hingga meningkatkan mood atau suasana hati yang lebih baik.

Sejarah Kebugaran Jasmani

Diketahui dari berbagai sumber, kebugaran jasmani berawal dari sekitar tahun 1940. Pada saat itu, seorang imigran dari Austria bernama Dr. Hans Kraus melakukan pengujian terhadap anak – anak di Amerika Serikat dan Eropa terkait suatu istilah yang disebutnya sebagai “Muscular Fitness” atau fungsi otot.

Melalui pengujiannya tersebut, Dr. Hans Kraus menemukan bahwa anak – anak di Amerika Serikat sangat jauh lebih tidak mampu secara fisik jika dibandingkan dengan anak – anak dari Eropa. Kemudian, ia menerbitkan sejumlah makalah yang mengkhawatirkan di beberapa jurnal. 

Tindakannya tersebut mendapatkan perhatian dari beberapa orang yang memiliki pengaruh besar, salah satunya adalah seorang senator yang berasal dari Pennsylvania. Ia membawa hasil temuan itu ke Presiden Dwight D. Eisenhower. Dia lantas menjadi terkejut.

Kemudian, Presiden Dwight D. Eisenhower mengadakan sejumlah konferensi dan komite. Selanjutnya pada bulan Juli 1956, ia mendirikan President's Council on Youth Fitness.

Unsur Kebugaran Jasmani

Terdapat beberapa unsur dalam kebugaran jasmani seperti kekuatan, keseimbangan, daya tahan, kelincahan, dan ketepatan. Kekuatan adalah unsur kebugaran jasmani yang menggambarkan kondisi tubuh seseorang pada saat menggunakan otot untuk memaksimalkan tenaga dalam melakukan aktivitas fisik. Lalu, keseimbangan adalah kemampuan untuk dapat mengendalikan otot serta organ.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1429 seconds [13]