logo
Tim Nasional | Detail

Karier Mentereng Shayne Pattynama yang Bikin Shin Tae-yong Terpikat

Rifqi Herjoko
Rabu, 25 Januari 2023, 14:15 WIB
Karier Mentereng Shayne Pattynama yang Bikin Shin Tae-yong Terpikat
Shayne Pattynama (tengah) mencetak dua gol saat Viking FK menggulung Kristiansund BK pada uji coba di Stadion Sr-Bank Arena, Stavanger, Norwegia, Minggu (6/3/2022). (Foto: Instagram @viking_fk)

JAKARTA – Pemain naturalisasi Indonesia, Shayne Pattynama memiliki karier yang cukup mentereng di Eropa. Hal itu terbukti mampu membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terpikat.

Seperti diketahui, Shayne Pattynama merupakan satu dari tiga pemain keturunan yang menjalani proses naturalisasi di era pelatih Shin Tae-yong. Dua pemain lain, Jordi Amat dan Sandy Walsh, telah resmi menjadi WNI dan dapat memperkuat Timnas Indonesia. 

Mereka didatangkan atas rekomendasi langsung pelatih Shin Tae-yong. Pria asal Korea Selatan itu meminta PSSI untuk memproses naturalisasi sejumlah pemain keturunan demi menambah kekuatan lini belakang Timnas Indonesia.

Pemilihan Shayne Pattynama bukanlah tanpa alasan. Pemain berusia 24 tahun itu diyakini bisa menjawab kebutuhan STY di Timnas Indonesia saat ini. Pattynama dinilai memiliki level di atas pemain lokal Tanah Air. 

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama memiliki karier yang cukup bagus di Eropa sejauh ini. Pemain keturunan Indonesia-Belanda itu merupakan jebolan akademi Ajax Amsterdam. Pemain yang berposisi asli sebagai bek kiri itu sempat memperkuat tim kelompok umur FC Utrecht.

Pattynama tidak sempat merasakan bermain di tim senior FC Utrecht. Dia memutuskan pindah ke klub Belanda lainnya, SC Telstar, pada Juli 2019. Pemain berpostur 185 cm itu tampil sebanyak 48 kali bersama klub tersebut dengan koleksi lima gol dan lima assist.

Lebih lanjut, Shayne Pattynama pindah ke klub Norwegia, Viking FK, pada April 2021. Di sana, pemain kelahiran Lelystad, Belanda, itu mampu mencatatkan 55 penampilan dengan koleksi dua gol dan enam assist. Dia masih memperkuat klub tersebut hingga kini.

Dilihat dari cuplikan video permainannya, Pattynama memiliki keunggulan dari segi kecepatan serta positioning yang baik. Dia juga bagus dalam bertahan dan piawai dalam mengirimkan umpan-umpan matang ke lini serang. Perjalanan karier serta kemampuan sang bek kiri itu diyakini membuat Shin Tae-yong terpikat.

Editor : Saliki Dwi Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1849 seconds [12]