Liga Champions | Detail

Kante, dari Pemungut Sampah Kini Calon Peraih Ballon d’Or

Muammar Yahya Herdana
Minggu, 30 Mei 2021, 12:28 WIB
Kante, dari Pemungut Sampah Kini Calon Peraih Ballon d’Or
N‘Golo Kante mengangkat trofi Liga Champions. (Foto: Reuters)

PORTO – Peran NGolo Kante di lini tengah Chelsea menjadi perbincangan. Daya jelajah yang luas, membuat dia seperti berada di setiap jengkal area lapangan. Kante, dari seorang anak pemungut sampah, kini menjadi pengoleksi deret trofi paling bergengsi di sepak bola. Bahkan dia disebut sebagai salah satu kandidat peraih Ballon d'Or. 

Penampilan impresif itu membuat dia mendapat gelar pemain terbaik saat final Liga Champions melawan Manchester City (Man City), di Stadion do Dragao, Minggu (30/5). Di bawah pelatih Thomas Tuchel, peran Kante sangat luar biasa biasa besar. 

Dia bukan hanya menjalani pekerjaan kotor mengambil bola, tapi juga ikut berperan mengalirkan bola, berlari saat tim melakukan serangan balik, serta cepat turun ketika kehilangan bola. 

Peran ini membuat tugas dari Jorginho terasa lebih ringan, Mason Mount, Kai Havertz leluasa membantu serangan, dan lini belakang merasa aman. Karena itu, meski dia tidak mencetak gol seperti yang dilakukan Havertz, pemain terbaik di final adalah Kante. 

Tim Teknis EFA John Peacock dan Patrick Vieira memberi alasan kenapa gelandang timnas Prancis itu berhak menjadi pemain terbaik. "Pengaruh besar di sepertiga tengah lapangan baik dengan dan tanpa bola. Membentuk kemitraan yang sangat baik dengan Jorginho," kata mereka di situs resmi UEFA. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1770 seconds [13]