logo
Bola Lainnya | Detail

Kabar Baik! VAR Dipertimbangkan Hadir di Piala AFF 2024

Rifqi Herjoko
Selasa, 24 Januari 2023, 09:01 WIB
Kabar Baik! VAR Dipertimbangkan Hadir di Piala AFF 2024
Ruang kontrol VAR milik UEFA di Nyon, Swiss (Foto: UEFA)

PETALING JAYA - Teknologi VAR tengah dipertimbangkan untuk hadir di Piala AFF 2024. Hal itu diyakini sebagai tindak lanjut dari desakan penggemar sepak bola Asia Tenggara agar Piala AFF menggunakan teknologi tersebut.

Seperti diketahui, Piala AFF 2022 telah selesai bergulir. Timnas Thailand keluar sebagai juara turnamen edisi kali ini. Turnamen tersebut berjalan lancar, tetapi sejumlah keputusan wasit dipertanyakan publik.

Terdapat beberapa pelanggaran, yang seharusnya berbuah hukuman penalti, justru dibiarkan oleh wasit. Hal itu tentu saja membuat pertandingan berjalan kurang adil. Desakan untuk penggunaan VAR di Piala AFF demi azas keadilan pun menguat.

Kapten Timnas Thailand, Theerathon Bunmathan, secara terbuka mengungkapkan Piala AFF membutuhkan teknologi VAR. Hal itu diperlukan untuk mengurangi kontroversi yang terjadi di turnamen bergengsi ASEAN tersebut.

“Piala AFF adalah turnamen terbesar di kawasan ini. Namun, teknologi VAR harus diterapkan untuk membuat turnamen lebih atraktif. Hal itu akan mengurangi kontroversi yang tidak perlu dan pelanggaran yang menyebabkan cedera serius," ujar Bunmathan, dilansir dari The Thao 247, Selasa (24/1/2023). 

Terbaru, Sekjen FAT (Federasi Sepak Bola Thailand), Patis Supapong mengatakan, penerapan VAR pada edisi 2024 tengah dibahas oleh Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF). Teknologi itu direncanakan bisa digunakan di babak semifinal dan final.

“Saya pribadi tidak dapat memastikan VAR akan hadir di Piala AFF berikutnya, tetapi Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara sedang mempertimbangkannya dengan serius,” ujar Supapong.

Kehadiran VAR di Piala AFF 2024 diyakini dapat membuat pertandingan berjalan lebih adil.  Pelanggaran keras yang biasa terjadi diharapkan bisa berkurang dengan hadirnya teknologi tersebut.
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.7708 seconds [13]