Liga Italia | Detail

Juventus Resmi Pecat Andrea Pirlo sebagai Pelatih

Wikanto Arungbudoyo
Jum'at, 28 Mei 2021, 16:56 WIB
Juventus Resmi Pecat Andrea Pirlo sebagai Pelatih
Andrea Pirlo dipecat oleh Juventus (Foto: Juventus)

TURIN – Juventus resmi memberhentikan Andrea Pirlo sebagai pelatih. Pria asal Italia itu hanya menukangi Bianconeri selama semusim setelah ditunjuk pada Agustus 2020. 

“Terima kasih Andrea. Itu adalah kalimat pertama yang keluar dari kami untuk mengakhiri pengalaman spesial ini,” bunyi pernyataan resmi Juventus, Jumat (28/5/2021). 

“Beberapa bulan lalu, Andrea Pirlo, salah satu ikon sepakbola, memulai petualangan barunya sebagai pelatih tim utama. Untuk melakukan ini, butuh keberanian. Pirlo baru saja mengambil langkah pertama dari sebuah karier brilian sebagai pelatih,” lanjut pernyataan itu. 

Pirlo ditunjuk pada 9 Agustus 2020 sebagai suksesor Maurizio Sarri. Ketika itu, Pirlo baru saja ditunjuk sebagai pelatih Juventus U-23 pada akhir Juli. Bahkan, pria berusia 41 tahun itu masih belum memiliki lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Andrea Pirlo baru mendapat lisensi kepelatihan tersebut beberapa pekan sebelum laga perdana Juventus di Liga Italia 2020-2021. Maka, penugasan Pirlo pada musim lalu bagai sebuah perjudian besar yang diambil manajemen Juventus. 

Minimnya pengalaman Pirlo membuat Juventus harus merasakan turbulensi performa di lapangan. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tampil inkonsisten sepanjang musim hingga harus merelakan gelar juara jatuh ke tangan rival abadi Inter Milan. 

Pun begitu, Pirlo sukses menyumbang dua trofi bagi Juventus di musim pertamanya. Kedua trofi itu adalah Piala Super Italia 2020 dan Coppa Italia 2020-2021. Namun, dua trofi itu belum cukup bagi manajemen Juventus. 

Editor : Hendry Kurniawan

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2318 seconds [13]