logo
Basket | Detail

Jumlah Pemain Bola Basket, Posisi, dan Tugasnya Di Lapangan

Tim Sportstars
Selasa, 06 September 2022, 18:06 WIB
Jumlah Pemain Bola Basket, Posisi, dan Tugasnya Di Lapangan
umlah pemain bola basket, posisi dan tugasnya di lapangan disesuaikan dengan regulasi dan taktik. (FOTO: FIBA Basketball).

JAKARTA - Jumlah pemain bola basket, posisi dan tugasnya di lapangan disesuaikan dengan regulasi dan taktik yang diinginkan pelatih saat menjalani pertandingan. Pelatih akan mudah meramu strategi saat pemain paham dengan posisi dan tugasnya di lapangan.   
   
Di basket ada dua kiblat peraturan yang digunakan. Pertama mengacu pada FIBA (Federation International of Basketball Association) adalah organisasi induk basket dunia, kedua berkiblat ke NBA (National Basketball Association) merupakan liga basket profesional Amerika Serikat.

Jumlah Pemain Bola Basket

Meski FIBA dan NBA memiliki beberapa perbedaan dalam peraturan, tapi keduanya sama-sama menggunakan jumlah lima orang pemain dalam satu regu dengan 5-10 pemain cadangan. Kelima pemain yang berada di lapangan tersebut memiliki posisi dan tugasnya masing-masing. Pertandingan tidak akan dimulai jika pemain dalam setiap regu kurang dari 5 orang. 

Posisi dan Tugas dalam Permainan Bola Basket

Setiap pemain dalam bola basket memiliki fungsi dan peran yang berbeda beda. Ada 5 posisi dalam permainan basket, yaitu : Center, Shooting Guard, Small Forward, Power Forward, Point Guard. Berikut penjelasannya.

  1. Center

Pada posisi center, adalah pemain bertubuh tinggi dan besar yang mengambil posisi di free-throw line(area garis tembakan bebas. Center juga harus memiliki kemampuan menghalau bola dan menangkap bola pantul yang tidak masuk ke ring (rebound). Kebutuhan postur badan besar untuk pemain center agar menyulitkan lawan dalam mencetak skor dari dekat ring. 

  1. Shooting Guard

Shooting guard memiliki tugas utama sebagai penembak jarak jauh. Pada posisi ini, disarankan diisi orang yang dapat berlari dengan cepat dan siap masuk ke segala posisi. Shooting Guard merupakan salah satu posisi standar dalam permainan bola basket yang memiliki kemampuan menembak dari garis area sekitar batas garis tiga angka. Kemampuan itu dibutuhkan karena kadang dia menggantikan posisi point guard. 

Timnas Basket Australia menang atas Jepang  di FIBA Asia Cup 2022 (Foto: FIBA)

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1616 seconds [13]