logo
Ragam Lainnya | Detail

Jumlah Pelari Tiap Regu dalam Lari Estafet

Basudiwa Supraja
Jum'at, 17 Maret 2023, 15:27 WIB
Jumlah Pelari Tiap Regu dalam Lari Estafet
Jumlah pelari tiap regu dalam lari estafet biasanya tidak lebih dari empat atlet. (Foto: REUTERS)

JAKARTA – Jumlah pelari tiap regu dalam lari estafet biasanya tidak lebih dari empat atlet. Hal itu berkaitan dengan panjang lintasan lari dalam estafet. Biasanya panjang lintasan lari estafet yang diperlombakan ada 4x100 meter dan 4x400 meter.

Seperti diketahui, lari estafet dikenal juga dengan lari sambung. Cabang olahraga (cabor) ini masuk dalam jenis olahraga atletik.

Lari estafet menjadi salah satu ajang yang bergengsi dilombakan pada sejumlah ajang seperti Asian Games hingga Olimpiade. Tidak sepenuhnya mirip dengan olahraga lari pada umumnya, estafet merupakan cabor beregu dengan bantuan alat tongkat.

Mengutip dari Penjasorkes SMA Kelas 12, lari estafet adalah salah satu nomor lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Jumlah pelari tiap regu diisi oleh empat atlet.

Masing-masing atlet memiliki tugas untuk mengantarkan tongkat kepada rekan lainnya. Alat tongkat yang digunakan juga tidak sembarangan.

Tongkat estafet tersebut biasanya terbentuk dari pipa, kayu atau metal dengan panjang 28-30 cm dengan diameter 4 cm. Berat maksimal tongkat tersebut biasanya adalah 50 gram.

Adapun tugas pelari keempat tidak seperti tiga rekan sebelumnya. Pelari keempat bisa dikatakan sebagai pelari terakhi yang bertugas untuk membawa tongkat hingga garis finis.

Sementara peran pelari pertama juga menjadi yang krusial. Pelari pertama ini mengambil langkah awal jongkok seperti lomba lari pada umumnya.
 

Editor : Coro Mountana

Follow Berita Sportstars di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Sportstars.id tidak terlibat dalam materi konten ini.
RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2982 seconds [12]