logo
Netting | Detail

Jumlah dan Tugas Wasit dalam Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui

Intan Rachmasari
Jum'at, 16 September 2022, 22:57 WIB
Jumlah dan Tugas Wasit dalam Bulu Tangkis yang Wajib Diketahui
Beberapa atlet bulu tangkis bersama wasit di Istora Senayan, Jakarta.

JAKARTA - Jumlah dan tugas wasit dalam bulu tangkis sejatinya perlu diketahui khususnya bagi para penikmat bulu tangkis. Pasalnya wasit merupakan pemegang peran penting dalam berjalannya sebuah pertandingan bulu tangkis. 

Dalam pertandingan bulu tangkis, seorang wasit memiliki wewenang untuk mengatur jalannya pertandingan. Wewenang wasit dalam pertandingan bulu tangkis berdasarkan peraturan dan regulasi dari Federasi Bulu Tangkis dunia atau BWF. 

Dalam pertandingan bulu tangkis, wasit dibagi menjadi tiga berdasarkan tugasnya. Peranan wasit dalam pertandingan yakni sebagai wasit utama (umpire), hakim servis (service judge), dan hakim garis (linesman).

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas jumlah dan tugas wasit dalam pertandingan bulu tangkis. Berikut informasinya ; 

Jumlah dan Tugas Wasit dalam Bulu Tangkis

  1. Wasit Utama (Umpire)

Wasit Bulu Tangkis (Sumber: Instagram)

Wasit utama atau biasa disebut umpire adalah pemegang wewenang tertinggi dalam sebuah pertandingan bulu tangkis. Umpire bertugas untuk menjalankan segala hal yang sudah menjadi peraturan bulu tangkis. 

Selain itu, umpire juga berhak untuk menentukan fault yang dilakukan oleh para pemain dan juga menyelesaikan problem yang ada antar sesama pemain.

Sebagai seorang wasit utama, umpire juga berhak untuk mengidentifikasi kesalahan dari hakim servis dan hakim garis untuk dikeluarkan dari pertandingan jika memang diharuskan. Jumlah umpire dalam suatu pertandingan adalah 1 orang.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1800 seconds [12]