logo
MotoGP | Detail

Juara MotoGP 2022, Francesco Bagnaia Dapat Penghargaan dari Pemerintah Italia

Andhika Khoirul Huda
Selasa, 15 November 2022, 09:51 WIB
Juara MotoGP 2022, Francesco Bagnaia Dapat Penghargaan dari Pemerintah Italia
Francesco Bagnaia juarai MotoGP 2022 (Foto: MotoGP)

ROMA – Francesco Bagnaia mendapat penghargaan dari Pemerintah Italia usai menjadi juara MotoGP 2022. Terlebih Pecco berhasil pembalap Italia yang menjadi juara dunia dalam 13 tahun terakhir.

Acara tersebut diberikan Pemerintah Italia melalui Komite Olimpiade Nasional Italia (CONI) di Roma, Senin (14/11/2022). Pecco pun resmi menerima penghargaan Collare d’Oro atau kerah emas yang diberikan langsung oleh Menteri Olahraga Italia, Andrea Abodi dan Presiden CONI, Giovanni Malag.

Ini merupakan kali kedua bintang tim pabrikan Ducati itu mendapatkan penghargaan tersebut. Sebelumnya, dia juga diberi anugerah Collare d’Oro oleh CONI saat menjadi juara Moto2 2018.

"Menerima Collare d'Oro untuk prestasi olahraga untuk kedua kalinya adalah kehormatan yang sangat besar. Sebagai juara dunia MotoGP, emosinya bahkan lebih besar,” kata Bagnaia dilansir dari Speedweek, Selasa (15/10/2022).

“Sebagai orang Italia, saya menunjukkan pengakuan ini dengan penuh kebanggaan dan penghargaan atas pencapaian yang telah kita capai bersama. Saya ingin berterima kasih kepada CONI dan Presiden Malagò atas kepercayaan mereka,” tambahnya.

Pecco memang patut berbangga diri atas prestasinya tersebut. Sebab, dia merupakan pembalap Italia pertama yang juara kelas utama dengan motor pabrikan Italia sejak Giacomo Agostini melakukannya pada 1972 lalu bersama MV Agusta.

Selain itu, pembalap jebolan VR46 Academy tersebut juga adalah pembalap asal Italia pertama yang menjadi juara MotoGP dalam 13 tahun terakhir. Rider asal Negeri Pizza terakhir yang mencatatkannya adalah gurunya sendiri, yakni Valentino Rossi bersama Yamaha pada 2009 silam.

Selain Pecco, ada pembalap lain yang juga menerima penghargaan bergengsi tersebut tahun ini, yaitu juara dunia Enduro, Andrea Verona, dari GasGas. Setelah ini, pada Rabu (16/11/2022) nanti, Pecco bakal bertemu dengan Presiden Italia, Sergio Mattarella.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1735 seconds [13]