logo
F1 | Detail

Juara F1 GP Meksiko 2022, Max Verstappen Beberkan Strateginya

Andhika Khoirul Huda
Selasa, 01 November 2022, 09:10 WIB
Juara F1 GP Meksiko 2022, Max Verstappen Beberkan Strateginya
Pembalap Red Bull, Max Verstappen menjuarai F1 GP Meksiko 2022.

MEXICO CITY – Pembalap Red Bull, Max Verstappen menjuarai F1 GP Meksiko 2022. Verstappen menyebut kunci kemenangannya terletak pada strategi penggunaan ban lunak yang sangat penting di lap-lap awal untuk menjaga posisi terdepannya.

Melaju di Autodromo Hermanos Rodriguez, Senin (31/10/2022) dini hari WIB, Verstappen start dari posisi terdepan. Dengan ban lunaknya, dia mampu mempertahankan takhtanya sampai masuk ke pit untuk kali pertama di lap 25.

Pembalap asal Belanda itu menyebut bahwa penggunaan ban lunak selama mungkin menjadi strategi balapnya di Meksiko. Rencana itu pun berhasil membuatnya unggul cukup jauh dari Lewis Hamilton, George Russell hingga Sergio Perez.

“Setelah start, semuanya berputar di sekitar manajemen ban yang benar. Rencana kami adalah tetap menggunakan ban lunak selama mungkin dan kemudian melewatinya hanya dengan satu pemberhentian untuk beralih ke ban medium-hard,” kata Verstappen dilansir dari Speedweek, Senin (31/10/2022).

Pada akhirnya, pembalap berusia 25 tahun itu bisa kembali ke posisi depan berkat manajemen ban yang baik. Dia menyusul Russell dan juga Hamilton yang sempat menyalipnya karena mereka harus kembali ke pit usai menggunakan ban medium sepanjang balapan.

Verstappen pun sukses memenangkan balapan yang didominasinya selama 71 lap itu. Menurutnya, penampilannya yang sangat kuat di Meksiko adalah buah dari strategi penggunaan ban lunak di awal balapan, yang memberinya lebih banyak cengkraman.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1784 seconds [12]