logo
Sportainment | Detail

Jordi Amat Harap Putranya Nanti Pilih Jadi WNI

Ilham Sigit Pratama
Jum'at, 18 November 2022, 15:31 WIB
Jordi Amat Harap Putranya Nanti Pilih Jadi WNI
Jordi Amat menggendong Matthias (Foto: Instagram/@jordiamat5)

JAKARTA - Jordi Amat berharap anaknya, Matthias, akan mengikuti jejaknya menjadi seorang warga negara Indonesia (WNI). Apalagi, sang anak nantinya bebas memilih kewarganegaraan sesuai undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Seperti diketahui, Jordi resmi menjadi WNI usai mengucap sumpah di Kanwil Kemenkumham RI, Jakarta, Kamis (17/11/2022). Selain itu, pesepak bola berusia 30 tahun tersebut sudab resmi mendapatkan KTP Indonesia usai menjalani proses di Dukcapil.

Kini, proses naturalisasi Jordi selanjutnya adalah menantikan pembuatan paspor Indonesia. Usai dipastikan menjadi WNI, bek Johor Darul Tazim (JDT) itu menyinggung kemungkinan keluarganya untuk beralih warga negara.

Tentu saja, Jordi berharap putranya Matthias Amat, akan mengikuti jejaknya memilih menjadi WNI. Sang putra sendiri sekarang masih berusia enam bulan. Dia baru akan memilih kewarganegaraan ketika berusia 18 tahun. 

"Saya berharap, anak laki-laki saya Matthias, saya berharap begitu juga (jadi WNI)," kata Amat kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, Jumat (18/11/2022).

"Ya semoga di masa depan, dia baru umur 6 bulan, kita lihat saja," imbuh mantan bek Espanyol tersebut. 

Sekadar informasi, Matthias merupakan buah hati Jordi Amat dengan istrinya Melissa Cardona. Berbeda dengan Amat, Melissa tidak memilih darah Indonesia, sehingga statusnya Matthias adalah putra dari ayah WNI dengan ibu WNA.

Sesuai undang-undang, anak dari perkawinan campuran antara WNI dan WNA, masih memegang kewarganegaraan ganda. Anak tersebut baru bisa memilih kewarganegaraan pada usia 18 tahun atau bila sudah menikah sebelum umur tersebut.
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1707 seconds [13]