logo
Liga Indonesia | Detail

Jika Iwan Bule Mundur, Siapa Penggantinya Menurut Statuta PSSI?

Basudiwa Supraja
Jum'at, 07 Oktober 2022, 14:30 WIB
Jika Iwan Bule Mundur, Siapa Penggantinya Menurut Statuta PSSI?
Mochamad Iriawan atau Iwan Bule didesak untuk mundur dari Ketua Umum PSSI. (Foto: Instagram/@mochamadiriawan84).

JAKARTA - Tuntutan meminta mundurnya Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dari jabatan Ketua Umum (Ketum) PSSI terus menggema dari kalangan publik. Tagar 'mundur' bahkan sempat menjadi trending topik di Twitter belum lama ini.

Hal itu seiring dengan tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). Kerusuhan pasca laga Arema FC vs Persebaya itu menelan korban hingga 448 jiwa.

Adapun 21 di antaranya mengalami luka berat, 302 luka ringan, dan 125 meninggal dunia. Ini menjadi catatan terkelam dalam sejarah sepak bola Indonesia saat ini.

Terbaru, pihak kepolisian telah menetapkan enam tersangka dalam tragedi tersebut yang salah satunya menjerat Direktur Utama (Dirut) PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. Adapun lima lainnya adalah Ketua Ketua Panitia Pelaksana Arema Malang Abdul Haris, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi, Komandan Kompi Brimob Polda Jatim inisial AKP Hasdarman, dan Security Steward Suko Sutrisno.

Kini, publik tengah menyoroti Iwan Bule untuk segera mengambil keputusan mundur. Lantas siapa penggantinya menurut Statuta PSSI jika benar terjadi?

Penjelasan nasib kepemimpinan tersebut tertuang dalam Pasal 42 ayat 8-10 Statua PSSI Tahun 2019. Di dalamnya dijelaskan jabatan Ketum PSSI akan dipegang sementara oleh Wakil Ketum (Waketum) terlama dan berpengalaman.

 

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2146 seconds [13]