Tim Nasional | Detail

Jika Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, 5 Stadion ini Layak untuk Dipakai

Rio Eristiawan
Rabu, 22 Juni 2022, 14:02 WIB
Jika Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, 5 Stadion ini Layak untuk Dipakai
JIS Stadium (Foto: IG Jakintstadium/@Muhlisabdi2019)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 usai menempati posisi runner-up terbaik. Indonesia pun berpeluang menjadi salah satu calon tuan rumah ajang tersebut.

Sebagaimana diketahui, China yang ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Asia tahun depan memutuskan mundur sebagai tuan rumah, setelah Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

Kini, AFC akhirnya menawarkan semua negara yang termasuk dalam asosiasi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, termasuk Indonesia. Mereka memberikan tenggat waktu kepada negara asosiasi hingga akhir Juni 2022 mendatang.

Indonesia sendiri masih mengkaji penawaran tersebut, mengingat Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun depan. 

Di sisi lain, Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar dikabarkan sudah menunjukkan keseriusannya untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sementara itu, Indonesia sejatinya memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia. 

Pasalnya persyaratan yang harus dipenuhi sebagai tuan rumah di antaranya memiliki sedikitnya lima stadion dengan kapasitas minimal 20 ribu penonton.

Selain itu, ada satu stadion khusus untuk menggelar acara pembukaan dan final dengan minimal kapasitas 40 ribu penonton. Kemudian tuan rumah harus menyediakan venue pertandingan dengan minimal dua lapangan latihan untuk dua grup.

Indonesia sendiri memiliki beberapa stadion yang bisa menampung lebih dari 40 ribu penonton. Terlebih stadion-stadion di Indonesia sempat digunakan untuk ajang Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1545 seconds [13]