Sportainment | Detail

Jersey Gol Tangan Tuhan Milik Diego Maradona Pecahkan Rekor Lelang

Furqon Al Fauzi
Kamis, 05 Mei 2022, 01:49 WIB
Jersey Gol Tangan Tuhan Milik Diego Maradona Pecahkan Rekor Lelang
Kostum Diego Maradona yang dilelang (Foto: AP Photo)

LONDON - Sebuah jersey yang dikenakan Diego Maradona saat mencetak 'Gol Tangan Tuhan' bersama Timnas Argentina telah terjual senilai 7.142.500 poundsterling atau setara Rp128 miliar di pelelangan Sotheby, Rabu (4/5/2022).

Jersey tersebut dikenakan Maradona saat mencetak dua gol sekaligus menyingkirkan Timnas Inggris di babak perempat final Piala Dunia 1986. Timnas Argentina pada akhirnya keluar sebagai jawara pada Piala Dunia edisi tersebut.

Gol Tangan Tuhan Maradona bahkan dinobatkan sebagai gol terbaik abad ini dalam jajak pendapat yang dilakukan pada 2002. Sebanyak 340 ribu penggemar dari 150 negara memilih Gol Tangan Tuhan Maradona sebagai yang ikonik sepanjang sejarah.

Jersey Maradona laku dilelang (Foto:AP Photo)

Seperti diketahui, jersey yang dikenakan Maradona saat itu telah dimiliki oleh Steve Hodge, gelandang timnas Inggris selama hampir 35 tahun. Hodge dan Maradona diketahu bertukar kostum usai pertandingan tersebut.

Jersey tersebut  dalam 20 tahun terakhir dipinjamkan ke National Football Museum di Manchester, dan kemudian dilelang di Sotheby pada Rabu sore. Hebatnya, nilai kostum Maradona ini menjadi rekor lelang untuk sebuah item memorabilia olahraga. Sayangnya, sang pemenang lelang tidak terindentifikasi.

Kostum Maradona ini mengalahkan manifesto Olimpiade dari tahun 1982 yang terjual sekitar Rp123 Miliar pada 2019 lalu. Manuskrip setebal 14 halaman itu ditulis pada 1892 oleh Pierre de Coubertin yang dijuluki Bapak Olimpiade modern.

"Kostum bersejarah ini adalah pengingat nyata dari momen penting tidak hanya dalam sejarah olahraga, tetapi dalam sejarah abad ke-20," ucap kepala pelelangan Sotheby, Bram Wachter dikutip dari the Guardian.

“Dalam beberapa minggu terakhir sejak kami umumkan pelelangan, kami telah dibanjiri oleh penggemar dan kolektor olahraga, dengan kegembiraan yang nyata selama pameran publik dan antusiasme luar biasa dalam penawaran. Ini (kostum Maradona) bisa dibilang sebagai kostum yang paling didambakan yang pernah dilelang. Oleh karena itu pantas sekarang ini memegang rekor lelang," Wachter melanjutkan.

Jersey Diego Maradona (foto: Reuters )

Sementara Hodge sendiri mengatakan jersey tersebut memiliki makna mendalam tentang budaya bagi dunia sepak bola, orang-orang Argentina dan juga Inggris.

“Merupakan hak istimewa mutlak bisa bermain melawan salah satu pemain sepak bola terhebat dan terhebat sepanjang masa," timpal Hodge. Sebelumnya, Sotheby sendiri hanya memperkirakan jersey itu akan terjual setidaknya £4 juta Poundsterling. 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1376 seconds [13]