logo
Tim Nasional | Detail

Jerman dan Indonesia, Kunci Sukses Jepang Kembangkan Sepak Bola

Basudiwa Supraja
Kamis, 24 November 2022, 09:53 WIB
Jerman dan Indonesia, Kunci Sukses Jepang Kembangkan Sepak Bola
Jepang ungguli Jerman di babak kedua Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS)

DOHA - Timnas Jepang berhasil membuktikan tajinya usai mengalahkan Jerman dalam pertandingan pertama mereka di Piala Dunia 2022. Namun siapa sangka di balik kesuksesan mereka ternyata ada jasa Jerman dan Liga Indonesia yang mendukung.

Banyak pemain Jepang saat ini yang menimba ilmu di Jerman. Hasilnya, mereka pun mampu menaklukkan Timnas Jerman di babak penyisihan grup E Piala Dunia 2022 dengan skor 2-1.

Tercatat ada delapan pemain Timnas Jepang yang meniti karier di Liga Jerman. Lima di antaranya merupakan starter saat tampil melawan Der Panzer, Rabu (23/11/2022).

Dua pencetak gol mereka bahkan merupakan hasil cetakan kasta tertinggi Liga Jerman, Bundesliga. Mereka adalah Ritsu Doan dan Takuma Asano yang tergabung di SC Freiburg dan VfL Bochum.

Adapun enam pemain lainnya adalah sang kapten, Maya Yoshida (Schalke 04), Ko Itakura (Borussia Monchengladbach), Hiroki Ito (VfB Stuttgart), Wataru Endo (VfB Stuttgart), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), dan Ao Tanaka (Fortuna Düsseldorf).

Melihat hal tersebut telah jelas pemain Jepang mengembangkan permainan di Jerman dan berhasil mengalahkan timnas Negeri Panzer tersebut.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1849 seconds [13]