logo
Bola Lainnya | Detail

Jepang Kalahkan Jerman, Wapres RI: Kebangkitan Asia

Binti Mufarida
Kamis, 24 November 2022, 14:54 WIB
Jepang Kalahkan Jerman, Wapres RI: Kebangkitan Asia
Timnas Jepang berhasil mengalahkan Timnas Jerman dengan skor tipis 2-1, Rabu (23/11/2022) malam WIB (Foto: Reuters/Molly Darlington)

JAKARTA - Wapres RI, K.H, Maruf Amin, turut mengomentari kemenangan Timnas Jepang dengan skor 2-1 atas Timnas Jerman di Piala Dunia 2022. Menurutnya, kemenangan tim Samurai Biru adalah fenomena baru, kebangkitan Asia.

Seperti diketahui, laga Timnas Jerman vs Timnas Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB, berakhir mengejutkan. Jepang di luar dugaan bisa menang 2-1 atas Jerman setelah tertinggal lebih dulu.

“Kalau menurut saya itu fenomena baru ya, fenomena baru dan itu kebangkitan Asia saya kira,” ungkap Wapres Maruf Amin di sela-sela kunjungan kerja ke Garut, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022).

Sebelumnya, Timnas Arab Saudi sebagai negara Timur Tengah juga berhasil mengalahkan Timnas Argentina dengan skor 2-1, sehari sebelumnya. Menurut Wapres RI, konstelasi persepakbolaan berpotensi berubah. 

“Mungkin juga Afrika. Kita lihat nanti Afrika, artinya kalau itu terjadi kontelasi persepakbolaan itu akan berubah, tidak hanya didominasi oleh Eropa maupun Amerika Latin," urai Maruf Amin.

"Ternyata Asia juga berpotensi mengambil peran penting dalam persepakbolaan global. Itu barangkali itu suatu fenomena baru, nah ini kita ikuti nanti,” sambungnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1752 seconds [13]